Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Bagaimana Mendapatkan Uang untuk Biaya Kuliah?

Posted by Darwis Suryantoro on June 12, 2008

Terjemahan tulisan dari Michael Carter (mengacu pada sistem di Amerika Serikat).                              Diterjemahkan oleh Darwis Suryantoro

Banyak sekali siswa/mahasiswa saat ini maupun di masa mendatang yang membutuhkan bantuan dalam pembiayaan studinya. Terutama dengan rasio kenaikan biaya tiap tahunnya, banyak pelajar yang mencari cara untuk membiayai sekolahnya. Pinjaman pelajar mungkin dibutuhkan, namun terdapat banyak juga sumber lain untuk pembiayaan tersebut yang akan menolong dalam pembiayaan studinya. Banyak kesempatan untuk memenangkan bantuan pendidikan yang tidak perlu kita ganti dikemudian hari, seperti layaknya pinjaman untuk pelajar. Banyak pelajar yang akan memenuhi syarat mendapat bantuan pemerintah dalam studinya. Bantuan tersebut ialah penghargaan yang berdasar pada kebutuhan finansial yang diberikan kepada pelajar oleh pemerintah.

Bagaimana pelajar mendapatkan uang dalam bentuk bantuan? Para siswa mengajukan bantuan pemerintah untuk studi dengan mengisi The Free Application for Federal Student Aid (FAFSA). Ini merupakan langkah awal dalam proses bantuan finansial. Dengan melengkapi form aplikasi tersebut, pelajar akan dicocokkan dengan program-program bantuan yang memenuhi syarat buat mereka.

FAFSA merupakan sebuah form aplikasi yang digunakan oleh universitas-universitas umum di Amerika Serikat untuk mementukan kelayakan baik dalam bentuk pinjaman maupun dana bantuan. Dana bantuan selalu gratis, yang tentunya kita tidak harus mengembalikan dana tersebut. Dana bantuan tersebut bisa dalam bentuk bantuan pemerintah federal maupun pusat. Para pelajar akan mempelajari bantuan-bantuan mana saja yang diberikan kepada mereka ketika mereka mendapatkan hasil dari FAFSA tersebut dalam mail.

Pelajar juga bisa nmendapatkan uang gratis untuk kuliah dengan melamar untuk beasiswa universitas. Terdapat banyak bantuan beasiswa universitas tersedia di Amerika Serikat. Terdapat pula sumber-sumber tersedia untuk menolong pelajar menemukan beasiswa seperti database online dan daftar informasi yang tersebar (seperti direktori buku). Banyak dari buku tersebut yang bisa ditemukan di perpustakaan lokal.

Ada banyak cara bagi pelajar untuk mendapatkan uang untuk membayar biaya kuliahnya. Para pelajar sebaiknya mengecek bantuan biaya kuliah di kampusnya, perekrutan mahasiswa (pusat informasi ketenagakerjaan), dan kantor-kantor beasiswa untuk mendapatkan dana sekolahnya.

22 Responses to “Bagaimana Mendapatkan Uang untuk Biaya Kuliah?”

  1. AngelNdutz said

    di Endonesa terutama di ITATS kok gak ada yah mas?

  2. marie said

    bagaimana caranya mendapat bantuan biaya kuliah?

  3. suryantara said

    Mengapa di ITATS? Coba dech usulin ajah ke sana :D

  4. wah, andai di indonesia seperti ini, lumayan juga nih. thanks tulisannya bos

  5. di Indonesia ada gak ?

  6. EL Locco said

    Wah Seandainya di Indonesia banyak kyk gt an
    Berharap ::MODE ON::

  7. MuClyst said

    mas, numpang baca-baca yo…

  8. Andika said

    hmm… :D

  9. agung brahma arvin said

    toloong kasih tau cara mendapatkan uang dari internet

  10. Mind said

    Mas link exchange dunk

  11. agung rachmat septianto said

    aduh mas tolong bantu saya donk!!!! long carikan informasi tentang kuliah di indonesia dengan mencari orang tua asuh.coz saya merasa kalo saya itu pinter.tapi karana faktor ekonomi keluarga,membuat saya bingung.tahun depan saya lulus SMA.saya gak mau ilmu saya basi kalo saya nganggur… tolong ya mas…..

    terima kasih

  12. Darwis Suryantoro said

    @ mas agug rachmat, silakan kunjungi web ini:
    http://kalenderbeasiswa.com/calendar/

  13. Fajrin said

    Sy seorang mhasiswa yg ada d Palu. Pertnyaan sy apakah ada beasiswa serupa dwilayah saya klw ada bgmana cara mendpatkanya. Tlng email ke http://www.f47121n_accounting@yahoo.co.id

    • Darwis Suryantoro said

      MAs, banyak sekali situs2 nasional yang menginformasikan tentang beasiswa lokal maupun internasional… Silakan cek di google dengan kata kunci “beasiswa 2009″

  14. ahsanudin said

    salam,hangat slalu untuk pengurus web,ini tlong informasiin saya dong tentang bantuan biaya kuliah

  15. Panjang Afra said

    Saya ingin membutuhkan bantuan modal usaha. Mohon dibantu. Saya ingin membuka usaha Mebel.

  16. rosyid said

    adakah yang bisa membantu saya dalam bulan-bulan ini karna saya sangat membutuhkan biaya untuk wisuda
    kalau ada yang mau membantu bisa coll/sms 081336767629

  17. kalau saya gini mas. untuk mendapatkan uang kuliah, saya lebih memilih untuk berinvestasi. supaya ada tambahan dana buat jajan dan buat bayar uang kuliah. nah, kalau ada yang mau ikuti jejak saya, silahkan mampir ke beranda saya di http://www.udindin.co.nr
    nanti disana kita bisa sharing. atau facebook saya di udinmarege@gmail.com.
    Terima kasih, semoga ada manfaatnya…

  18. kumardin said

    saya mahasiswa dipoliteknik pertanian negeri pangkep,sul-sel,nama saya kumardin,saya berasal dari keluarga kurang mampu,tapi saya ngotot untuk kuliah meeskipun orangtuaku secara finansial tidak mampu untuk membiayaiku,mhon bantuannya,(kumardin,kabupaten soppeng,085343637662)

  19. agus supriyanto said

    akuu agus supriyanto guru MI MA’ARIF NU 1 pasinggangan Kec.Banyumas Kab.Banyumas kirimi uang dong biar bisa S1 Rek.3110-01-000983-50-7 Atas nama Agus supriyanto aku ga punya apa2 untuk kuliah dah punya anak 1 lagi,gajih hanya 200 ribu gimana mau kuliah? no HP 085258225510

  20. veronica said

    saya membutukan dana uang kuliah..mohon informasiny..

  21. ferdinandus abraham se said

    Salam sejatera semoga kita dalam keadaan sehat-sehat aja!! Pak giman ni pk q mau kulia lg tapi,, q ga punxa biaya ya pak,,bapak q uda ga ada!! Q anak bungsu dri ad bersaudara pak,,kalau ada yg mau bantu sya pak!! Tlg hubungi donomor ni pk=hp 085250684533 ferdinan

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

