Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Internet Error Messages

Posted by Darwis Suryantoro on September 26, 2007

Written by: Darwis Suryantoro
Language : Bahasa Indonesia Resmi dan Bahasa Indonesia Gaul (campuran).
Level : Newbie / Pemula

Wah, judulnya saja berbahasa Inggris, tapi setelah dilihat jeroane (baca: isinya, red), Indonesia punya Coy! Oke, kali ini aku akan menguraikan (ya meskipun singkat) tentang pesan-pesan kesalahan selama kita berinternet ria. Bagi yang sudah mahir komputer atau Geeks, nggak usah protes ya!

Terkadang saat kita melakukan aktivitas browsing (membuka atau menelusuri halaman web) di internet, terdapat pesan-pesan yang mengindikasikan error. Nah, sebagai orang awam atau pemula (seperti saya, hiks2), apa yang harus dilakukan? Tengok kanan, tengok kiri, atau teriak-teriakkah kepada kasir? Cape dee, kasihan loh kalau dikit-dikit kasir, dikit-dikit kasir, error dikit teriak kasir. Sedikit-sedikit tanya, sedikit-sedikit tanya. Tanya kok sedikit-sedikit? Mari, saatnya kita sebagai pengguna internet yang suka numbrung di warnet nggak gagap lagi ama teknologi, alias nggak manja gitu loch!

Oke-oke, maaf, kok jadi ngelantur gini ya. Aku akan beritahukan dua hal penting yang perlu diperhatikan , jika terjadi kesalahan (yang umum terjadi) saat kita melakukan aktivitas browsing.

  • Cek selalu apa yang telah kita ketikkan pada address bar browser kita sehingga muncul error. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Unit Bisnis Internet salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, penyebab yang paling umum dari munculnya pesan error ialah kesalahan ketik. Aku juga pernah mengalami hal tersebut ketika ada seorang cewek cantik berkata kepada saya di bilik warnet. Kurang lebih dia berkata,

“Mas, ini kok gag bisa dibuka ya Mas, padahal udah dari tadi deh, apa koneksinya ya yang lambat?” Lantas saya melihat apa yang ditulis cewek tersebut di address bar browsernya. Ya iyya lah pantes gag bisa. Lha wong yang ditulis www.uii.com. Cp dee, pikirku, masa universitas pakai domain .com? Lantas saya membalas. Kurang lebih seperti ini,

“Kayake mbake deh kudu cek lagi deh. Domainnya .com apa .ac.id?” Lantas dia cek lagi.

“Eh iya Mas, maaf mas, maaf ya!” Nah loh cewek-cewek, malu gak kalau udah seperti itu?

  • Coba lagi atau tekan tool box Refresh (bisa juga dengan menekan tombol F5). Terkadang dua langkah tersebut sudah cukup untuk menyelesaikan masalah yang timbul.

Nah, aku lampirkan juga beberapa pesan error yang biasanya muncul beserta penjelasannya.

400 Bad File Request. Biasanya sintaks atau tata penulisan yang kita gunakan pada URL (alamat halaman web) salah. Perhatikan huruf besar atau huruf kecil yang dituliskan, atau terdapat tanda baca yang salah.

401 Unauthorized. Server mencari kode enkripsi dari client tetapi tidak menerimanya. Biasanya terjadi pada user authentication seperti pengisian password. Pastikan kode yang diperlukan diinputkan dengan benar, perhatikan penggunaan huruf besar maupun kecil, dan coba kirim kembali.

403 Forbidden/Access Denied. Hampir sama dengan 401, biasanya ijin atau mekanisme khusus diperlukan untuk mengakses halaman tersebut. Biasanya juga berkaitan dengan username dan password.

404 File Not Found. Server tidak dapat menemukan file yang Anda cai, mungkin karena sudah dipindahkan atau dihapus. Mungkin juga kesalahan terjadi akibat kesalahan ketik URL atau dokumen yang diinginkan.

408 Request Timeout (RTO). Client menghentikan proses download halaman internet sebelum server selesai memproses perintah. Mungkin terjadi bila pengguna internet (client) klik tombol stop pada browser atau klik link lain. Biasanya juga terjadi jika ukuran file yang harus diload terlalu besar, bisa juga karena server lambat melakukan proses.

500 Internal Error. Server tidak dapat meneruskan proses karena masalah konfigurasi server internal. Bila perlu, hubungi site adinistrator.

501 Not Implemented. Web server tidak mendukung fasilitas atau fitur yang diminta client.

502 Service Temporarily Overloaded. Terjadi server congestion. Terlalu banyak koneksi, trafik tinggi.

503 Service Unavailable. Server sibuk atau site sudah dipindah. Bisa juga koneksi modem atau router sedang bermasalah.

Connection Refused by Host. Client tidak punya hak untuk mengakses halaman tesebut atau karena kesalahan ketik password.

File Contains No Data. URL yang diketik sudah benar, namun datanya sudah tidak ada.

Bad File Request. Browser yang digunakan mungkin tidak mendukung format atau coding yang akan diakses.

Failed DNS Lookup. Domain Name Server tidak dapat menemukan atau menerjemahkan permintaan domain ke alamat internet yang valid. Bisa disebabkan karena sibuknya server atau sedang mati, bisa juga karena kesalahan ketik URL.

Host Unavailable. Host server mati. Coba refresh atau coba lagi bberapa saat kemudian.

Unable to Locate Host. Host serner mati. Koneksi internet putus, atau mungkin juga karena kesalahan ketik URL.

Network Connection Refused by the Server. Web server sedang sibuk.Tunggu beberapa saat dan coba lagi.

Nah itulah beberapa pesan kesalahan yang umum terjadi dihadapan kita. Semoga informasi ini berguna.

One Response to “Internet Error Messages”

  1. […] – Internet Error Messages […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: