Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

What is Paklik, Bulik, Pakde, or Bude?

Posted by Darwis Suryantoro on October 2, 2007

Kalau Anda orang Jawa tulen, pasti artikel ini kurang atau tidak berguna, soalnya bukan dipastikan lagi Anda tahu tentang istilah tersebut, namun, sudah sangat paham bin mengerti. Namun jika Anda bukan orang Jawa tulen (Batak, Bugis, Dayak, atau bahkan Betawi yang notabene menyebut Jakarta bukan sebagai Jawa), akan sangat bertanya-tanya (bagi yang belum tahu). Aduh, halah, banyak mbacot, langsung aja dech!

Oke, dari mana saya harus memulai? Baiklah, kita ulai dari Paklik. Paklik ialah sebuah kata yang berasal dari Jawa dan banyak digunakan oleh orang Jawa (yang berbahasa Jawa) untuk menyebut kata ganti orang kedua maupun ketiga yang berarti adik dari ayah atau ibu kita. Dalam Bahasa Indonesia, kita menyebutnya sebagai Paman. Bahasa Inggrisnya ialah Uncle (baca:angkel) dan Bahasa Jermannya adalah Onkel. Paklik sendiri kependekan dari Bapak Cilik. Bukan berarti orangnya yang kecil, namun sesuai dengan unggah-ungguh Jawa, kecil di sini berarti secara eksplisit umurnya lebih muda. Berarti, orang lain pun bisa kita panggil Paklik jika umurnya lebih muda dari ayah atau ibu kita. Paklik memiliki pasangan Bulik, yang artinya serupa makna di atas, hanya berbeda jenis kelamin, yaitu perempuan. Bulik jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti Bibi, dalam Bahasa Inggris berarti Aunt atau Auntie, sementara dalam Bahasa Jerman disebut Tante.

Lantas bagaimana dengan Pakde? Ialah kebalikan dari Paklik. Pakde kependekan dari Bapak Gede (Bapak Besar), yang berarti sebutan kata ganti orang kedua maupun orang ketiga sebagai kakak (atau orang berjenis kelamin laki-laki yang umurnya lebih tua) dari ayah atau ibu kita. Pakde dalam Bahasa Inggris disebut juga sebagai Uncle. Lantas, bagaimana dengan istilah Bude? Anda pasti tahu khan? — Darwis Suryantoro

One Response to “What is Paklik, Bulik, Pakde, or Bude?”

  1. Mahesa said

    Lantas apa bahasa inggrisnya budhe?koq ngga ada,brrt Google udah gak lengkap lagi yha?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: