Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Menemukan Beasiswa melalui Internet

Posted by Darwis Suryantoro on June 9, 2008

Saran Pakar diberikan oleh Scholarship Experts.

Artikel ini diterjemahkan dari buku Chicken Soup for Scholarship ApplicantsSunu Wibirama

Oke, jadi kamu siap untuk memenangkan hal menakutkan dalam menemukan beasiswa untuk membiayai kuliahmu, dan kamu ingin menggunakan internet untuk mempercepat dalam proses pencarian? Tetapi begitu banyak layanan pencarian beasiswa di sana, yang mana yang akan kamu gunakan? Pakah kamu menggunakan layanan berbayar atau yang gratisan? Dan bagaimana kamu menghindari penipuan ketika mencari penghargaan tersebut? Gunakan petunjuk di bawah ini untuk menentukan apa yang dicari dan menolongmu dalam menemukan layanan yang akan paling sesuai dalam kebutuhan pencarian beasiswa.

Kecocokan Profil adalah Kuncinya

Pertama dan terdepan, temukan layanan pencarian beasiswa yang telah canggih dan match terhadap teknologi.Layanan pencarian beasiswa yang baik akan mencocokkan informasi personal yang kamu sediakan kepada mereka dengan beasiswa-beasiswa yang cocok buat kamu lamar. Ini akan menghemat waktu browsingmu akan berlimpahnya daftar penghargaan beasiswa, dan tentu saja akan memberimu banyak waktu dalam pengerjaan proses aplikasi itu sendiri. Waspada dengan kata kunci layanan pencarian sederhana atau layanan-layanan yang hanya menanyakan sedikit pertanyaan tentang latar belakangmu. Banyak layanan seperti itu akan mengembalikan ratusan beasiswa untukmu dalam mencapainya, membuang waktu berharga yang tidak kamu punya. Carilah layanan dengan penggunaan yang mudah, melalui halaman-halaman profil yang menghasilkan kecocokan dengan profilmu.

Informasi Beasiswa Terkini

Kedua, temukan layanan pencarian beasiswa yang menyediakan informasi beasiswa terkini dan akurat. Membaca syarat-syarat program beasiswa yang diinformasikan 2 tahun lalu tidak akan bisa menolongmu. Faktanya, menggunakan informasi yang kadaluwarsa akan semata-mata memperlambat laju dalam (secara aman) mendapat biaya beasiswa untuk kuliah. Ingat, kamu butuh untuk mendapatkan sebuah layanan yang menawarkan informasi beasiswa untuk tahun ajaran yang masih berlaku. Jangan buang waktumu pada website-website dengan daftar kontak yang kadaluwarsa, link-link aplikasi yang rusak (tidak bisa dikunjungi ketika di-klik), dan program-program yang telah berhenti.

Kebijakan Privasi

Jangan menjadi bagian dari daftar spam! Ketika kamu mengisi sebuah profil dengan layanan pencarian beasiswa, layanan tersebut mengumpulkan dan menyimpan informasi kamu yang sangat pribadi, seperti pengumpulan informasi profil yang dibutuhkan untuk mengakurasi kecocokan beasiswa. Yakinlah kamu sudah membaca kebijakan privasi (privacy policy) untuk setiap layanan yang kamu gunakan, sehingga kamu mengetahui apa yang terjadi kepada informasi pribadi tersebut ketika kamu memasukkannya ke dalam website. Beberapa website nyatanya menghasilkan uang dengan menjual informasi pribadimu kepada pihak ketiga yang ingin mengiklankan kamu. Sangat berhati-hatilah dalam memberikan informasi pribadimu kepada perusahaan yang tidak mempunyai kredibilitas, dengan jelas menyatakan/memberitahukan kebijakan privasi (dengan menyebarkannya), yang akhirnya emailmu penuh dengan spam dan kotak surat yang penuh berisi permohonan yang tidak diinginkan.

Proses yang Mudah

Yakinlah bahwa layanan yang kamu ikuti diset menghemat waktumu. Jika kamu membutuhkan waktu mengisi profilmu, pastikan informasi tersimpan sehingga kamu tidak harus memulai dari awal setiap kali kamu ingin mencari (informasi) benyak beasiswa lainnya. Jugam pastikan terdapat cara untuk mengedit dan memperbarui profilmu, jika kamu merubah jurusanmu atau menaikkan nilai tesmu atau alasan tentang perguruan tinggi atau universitas yang ingin kamu hadiri. Layanan pencarian dengan semacam fitur orientasi pelanggan akan menghemat waktu dan rasa frustasi dalam proses pencarian, dan itu adalah apa yang seharusnya menjadi tujuan kamu: menghemat waktu, menghindari penipuan, dan mendapatkan uang untuk membiayai kuliahmu!

Diterjemahkan oleh Darwis Suryantoro

3 Responses to “Menemukan Beasiswa melalui Internet”

  1. […] – Menemukan Beasiswa melalui Internet (9 Juni […]

  2. EL Locco said

    Trim’s infonya😀

  3. rifqotul aeni said

    assalamualikum….sya pelajar MAN MODEL CIWARINGIN,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: