Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 3 Habis

Posted by Darwis Suryantoro on January 8, 2014

Halo,

Alhamdulillaah, ketemu lagi dalam acara bedah cara berjibaku menghadapi penyakit GERD. Bagian ke-3 ini saya tulis atas permintaan teman-teman di grup FB GIHM Indonesia. Postingan kali ini akan lebih banyak membahas bagaimana penderita GERD mengkonsumsi makanan dan model pengobatan seperti apa yang dilakukan. Ini pure berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga tulisan ini dapat membantu dan menjadi referensi teman-teman penderita GERD yang belum sembuh. Temukan runtutan cerita saya di bagian ke-1, dan bagian ke-2 jika Anda baru membaca tulisan ini.

Okkay, saya merasa rapuh ketika terlalu banyak memakan obat. Obat pun jadi disalahkan ketika diagnosis di rumah sakit lain dinyatakan berbeda. Menurut saya ini bukan kesalahan dokter. Ini hanya karena “mungkin” dokter belum berpengalaman mengidentifikasi penyakit ini. Juga “mungkin” karena fasilitas lab yang digunakan masih belum memadai. Karena salah satu komponen dokter untuk mendiagnosis penyakit adalah hasil lab, maka ia akan mengacu pada hasil lab tersebut. Jika peralatan lab yang digunakan dengan standar minimal, maka hasilnya pun akan menunjukkan standar minimal. Mengapa saya katakan begini? Terus terang, kurang dari seminggu saya difoto dua kali di rumah sakit yang berbeda. Hasil gambar ronsen tersebut berbeda. Diagnosis infeksi paru pada rumah sakit A dibantah oleh dokter rumah sakit B, walaupun mereka bergelar sama, spesialis penyakit dalam.

Sudah 5 dokter umum dan 3 dokter spesialis menangani saya dalam 3 minggu pertama penyakit yang pernah saya derita ini. Namun, justru dengan mengunjungi kedelapan dokter tersebut, saya pelan-pelan paham, memahami sepenuhnya, berdasarkan informasi yang saya terima dari mereka, walaupun mereka tidak menyimpulkan bahwa penyakit saya bernama GERD. Informasi ini kemudian saya hubungkan di kejadian (kurang lebih) 6 tahun lalu, ada seorang dokter umum yang mendiagnosis nama penyakit saya adalah Gastroesofagus. Ketika waktu itu dokter mendiagnosis penyakit tersebut, saya masih merasakan gejala yang sangat ringan, yaitu ingin muntah tapi tidak muntah pada hampir setiap bangun tidur dan sehabis makan. Setelah itu saya lupa dengan istilah tersebut selama beberapa tahun, hingga di bulan Oktober 2013 ingatan saya seperti terpancing lagi akibat informasi-informasi pendukung yang disampaikan dokter dan informasi berharga dari internet dengan mencocokkan gejala-gejala primer yang saya alami.

SAYA MENGHENTIKAN OBAT-OBATAN RESEP DOKTER

Pernyataan saya ini bukan untuk memprovokasi Anda agar melakukan hal yang sama seperti saya. Terus terang, lebih dari 10 macam obat yang telah saya konsumsi dalam 2 minggu terakhir awal-awal penyakit saya muncul. Saya percaya dengan dokter, tapi saya lebih percaya dengan ikhtiar saya dan juga keyakinan saya kepada Alloh swt. Ini bukan untuk menyombongkan diri, tetapi justru dengan rendah hati saya sampaikan, ini adalah cara bagaimana saya benar-benar berserah atas penyakit yang pernah saya derita.

Bapak dan ibu dokter, Mas dan Mbak dokter, saya mohon maaf, saya berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang Anda resepkan kepada saya.

Awalnya saya tidak mengerti, mengapa saya langsung bereaksi setelah meminum obat tersebut, sesak, nafas berat. Tapi saya yakin, identifikasi saya benar. Obat-obatan tersebut malah memperburuk keadaan lambung saya. Terutama di saat awal-awal saya berobat, atas dasar keminiman pengalaman dokter mendiagnosis penyakit (ingat, saya tidak menggunakan kata-kata “kesalahan dokter”).

Hanya 3 jenis obat terakhir yang saya terima dari dokter THT yang tidak mempengaruhi lambung saya secara signifikan. Itupun tidak saya habiskan semuanya.

AKIBAT STRES

Wowow, saya tidak berlebihan. Tapi menurut saya, ini semacam faktor primer pemicu penyakit GERD. FYI, saya pernah bekerja dengan aktivitas tidur hanya sekitar 4 jam, dan aktivitas di luar 4 jam tersebut lebih banyak menguras energi, berpikir namun tidak banyak bergerak. Dalam 1 hari saya pernah bekerja di 2 tempat. Di satu tempat pun saya pernah menjalani 2 shift kerja. Saya tidak tahu jenis manusia apa saya ini. Mungkin fisik dan psikis saya stress, tapi saya tidak merasakan hal itu. Banyak sekali pekerja yang melebihi batas toleransi tubuh bekerja, namun mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang dihantam dengan stress. Ya, whatever pendapat kalian, hindari dan kontrol ini.

Sayang sekali, saya hanya mempunyai 2 resep mengatasi stress ini,

  1. Perbaiki hubungan dengan Sang Pencipta Alam Semesta.
  2. Perbaiki hubungan dengan alam semesta.

PERBAIKI HUBUNGAN DENGAN SANG PENCIPTA ALAM SEMSETA

Halo, saya ingin menjabarkan ini dalam sudut pandang agama saya, Islam. Jika Anda non-muslim, silakan jabarkan menurut sudut pandang Anda.
Okkay, dalam beberapa kali ketika saya mengalami serangan penyakit ini, saya langsung ingat mati. Kawan, kita tidak akan berlama-lama singgah di bumi ini kan? Kalau begitu, mari kita berserah. Dalam beberapa kesempatan pun saya kemudian mengambil wudlu, kemudian membaca Al Qur’an. Subhanalloh, ada ketenangan dalam hati saya yang seketika itu meredakan rasa kumat penyakit tersebut, nafas menjadi reda, tubuh serasa dingin dan terisi energi lagi.

Berdoa, pasrah, dan ikhlas. Ini dahsyat, kawan. Benar-benar luar biasa. Kadang kala kita berdoa hanya sekedar berdoa, dengan mengucapkan secara lisan, dan berlalu begitu saja. Namun, pernahkah kita berdoa hingga kita merasa merinding, gemetar, atau seperti terbang terpisah antara badan dan rohani kita? Ini yang saya maksud, saat benar-benar kita merasa di titik nol dalam berpasrah dan mengaku kita sangat lemah di hadapan-Nya, ada sebuah energi (yang tentunya ini datangnya dari Alloh) yang datang ke dalam jiwa dan raga kita, seolah mengusir partikel-partikel negatif yang menempel pada tubuh. Bahkan air mata pun tidak bisa kita bendung karena dahsyatnya proses berserah ini. Silakan, Anda mencobanya.

PERBAIKI HUBUNGAN DENGAN ALAM SEMESTA

Semua jenis penyakit pasti ada penyebabnya. Anda setuju? Kalau tidak setuju, jangan lanjutkan bacaan ini ;p. Ahahaha, dari tadi serius amat bahasa tulisannya. Oke, ane ganti Gan, pake Bahasa Kaskus saja yaa, yang penting kita gak saling lempar-lemparan bata ;p. Capek nih nulis pake bahasa resmi.

Pertama. Ok Gan, sekarang ane mau nanya, Ente pernah gak nyakitin orang lain, Gan? Atau Ente pernah nyisa’in dendam kesumat sama orang lain? Ini masuk faktor xxx sih, yang gak terlihat, tapi yakin Gan, ini bisa berdampak sama kehidupan kita. Kalo udah kejadiannya kayak begini, perbaiki dulu Gan sama yang empunya problem sama Ente. Sampai bener-bener selesai. Jangan sampai ada orang lain yang gak ridlo sama perlakuan kita, trus ndoain kita yang engga-engga. Prinsipnya, orang yang terdzolimi, do’anya nembus ‘Arsy. Jadi perbaiki hubungan kita dengan sesama. Humm, kalau yang pertama ini, Insya Alloh ane fine-fine saja, ndak ada masalah berarti sama orang lain.

Kedua, ini Gan yang penting, faktor xxx lagi. Jangan makan dari hasil harta haram. Nah, ini, ane terus berpikir Gan, karena salah satu faktor xxx yang menyebabkan kita sakit adalah akibat memakan dari hasil harta haram. Ane terus mikir, apa iya ane pake acara korupsi-korupsi segala? Daan… Astaghfirulloh… dari pencarian ane selama ini, ane baru nyadar Gan, dulu hampir tiap hari ane selalu bawa botol minuman dari rumah ke tempat kerja. Nah, ketika mau pulang, ane selalu isi tuh botol sama air putih di kantor untuk ane bawa pulang. Ini simpel Gan, tapi jelas konteks keperluannya sudah beda. Ketika ane di kantor dan minum air putih yang disediakan di kantor, itu wajar dan sah, karena air putih emang disediain kantor untuk dikonsumsi di jam kerja. Nah ini yang ndak wajar, karena kita bawa air putih itu ke rumah, karena sudah bukan waktu dan wilayah kita bekerja lagi. Setelah ane nyadar tentang ini, ane gak pake acara bawa-bawa air putih lagi dari kantor. So, what do you think? Please be consider about it! Ini ane sangat bersyukur, Gan. Karena ane langsung diuji dan disadarkan sama hal yang sekecil ini. Udah distop duluan sama Alloh, biar ndak menjalar ke hal-hal yang lebih besar.

Ketiga, salurkan hobi positif. Ini masuk kategori hubungan dengan alam semesta, Gan. Jika rekreasi alam membuat Agan dan Aganwati segar kembali, lakukan. Jika shopping juga membuat tubuh dan pikiran jadi refresh, ya laksanakan (tapi ini akan berputar lagi kayaknya, mikir tentang pengeluaran, dan stress lagi ;p ).

CERAIKAN DULU MAKANAN DI BAWAH INI!!!

Saran saya, dalam proses penyembuhan, hindari atau bahkan ceraikan sementara makanan dan minuman ini, Gan:

  • kopi
  • ubi-ubian
  • gorengan
  • mie instan
  • kacang tanah (dan beberapa jenis kacang-kacangan)
  • kubis
  • kol
  • coklat
  • santan
  • makanan terlalu banyak minyak dan lemak
  • alkohol
  • rokok (terutama bagi yang kerongkongan atau tenggorokannya meradang akibat asam)
  • cabe dan makanan pedas lainnya
  • jeruk
  • makanan yang mengandung  pengawet
  • keju
  • Es, dan makanan atau minuman apapun yang mengandung kedinginan, termasuk es krim

Kalau mau coba ya silakan saja, Gan, tapi ane gak mau nanggung resikonya ya. Pola yang ane lakukan adalah mencobanya sedikit-sedikit jika kondisi tubuh dirasa normal. Contoh, ane dah mulai berani makan mie di 2 bulan terakhir proses penyembuhan. Awalnya agak sesak-sesak dikit, kemudian berhenti dan dicoba lagi beberapa lama kemudian, dan alhamdulillah sekarang sudah merasa normal, tidak berefek. Ingat Gan, ane 2 bulan, bisa jadi berbeda dengan Agan karena respon dan kondisi tubuh kita beda.

Rokok ini Gan, juga nyumbang keparahan, asap yang kita hirup akan memperburuk situasi jika kondisi tenggorokan kita sudah teriritasi akibat asam dari lambung tersebut.

Nah, Gan kalau udah dipastikan Agan sehat dan merasakan semubuh dari penyakit ini, silakan untuk rujuk kembali Gan sama makanan dan minuman yang sudah diceraikan tadi ;p. Tapi Gan, ingat, jangan berlebihan!

INI GAN YANG ALAMI

Halo, masih baca tulisan ini kah? Oke Gan, sekarang kita sudah pada inti pengobatan. Ane sebut alami, karena bahan-bahan pengobatan ini lebih banyak diambil dari alam, dan tidak terlalu banyak terjamah (atau bahkan tidak sama sekali) dengan campuran kimiawi obat-obatan medis.

  • Berkumur air garam. Alhamdulillah, ane sudah berkali-kali melakukan ini dan hasilnya kerongkongan ane membaik dan ganjalan semakin berkurang, bahkan sekarang sudah tidak sama sekali. Berkumur dengan air garam juga akan membasmi bakteri di sekitar mulut dan kerongkongan. Untuk info manfaat air garam ini bisa dilihat di mari, Gan.
  • Apel, buah yang segar dan menyehatkan. Ane tidak berlebihan, Gan. Dulu waktu masa penyembuhan, ane bisa makan 2 sampai 3 buah apel setiap harinya. Ane makan sebelum atau sesudah makan. Tapi kalau pagi, biasanya ane makan sebelum makan. Konon Gan, walaupun rasanya ada asamnya ketika berada di mulut, apel justru akan membuat lapisan basa di lambung sehingga diharapkan fungsi tersebut dapat menyeimbangkan keadaan asam-basa dalam perut. Ane makan pagi, siang, dan malam Gan sebelum tidur. Alhamdulillah, sangat bermanfaat dan bereaksi baik. Oh iya Gan, ane sampe mau lupa, ehehehe. Cuka apel, Gan. Tapi kalau untuk cuka apel ini, ane jarang minum, paling pas kalau stok apelnya habis. 1 sendok teh bisa diminum dengan 1/2 gelas air, tambahkan madu secukupnya.
  • Susu murni. Maksud ane, bukan susu formula, Gan. Ane biasanya minum susu beruang (Bear Brand, bukan susu dari beruang lho, ya) setelah makan. Menurut beberapa artikel yang ane baca, susu bisa berfungsi untuk menetralkan asam yang ada di dalam lambung dan melancarkan proses pencernaan. Alhamdulillah, di awal-awal sakit dulu ane sering mengkonsumsi susu kaleng ini setelah makan, dan reaksi sesak yang dulunya terjadi setelah makan, menjadi berkurang sampai tidak sama sekali.
  • Sari temulawak. Gan, pernah lihat wawancara Jokowi? Jokowi ini penggemar minuman sari temulawak, lho. Apa hubungannya sama ini, Gan? Ehehehe, tidak secara langsung Gan. Ane pernah dengar ceramah dokter Gan. Ketika kita stress, liver (hati) akan bereaksi dengan mengeluarkan zat penyebab asam lambung. Nah, temulawak ini berfungsi untuk kesehatan hati dan berperan juga menetralkan asam lambungnya. Waktu masa penyembuhan, ane minum temulawak paling tidak dua kali sehari. Karena ane gak suka ribet, ane beli yang instan, Gan. Dari beberapa merk, ane lebih cocok sama produk keluaran Konimex, Herbadrink Sari Temulawak.
  • Minum air putih yang cukup. Gan, pernah naik pesawat trus kena serangan panik? Apa yang Agan lakukan? Kalau ane, langsung kontak pramugari Gan, minta air putih hangat. Air putih hangat ini Gan, alhamdulillah bisa meredakan tenggorokan yang lagi mengganjal, dan kata dokter yang pernah nyeramahin ane, air putih hangat punya efek merengganggakan otot-otot yang kaku di sekitaran jalur air tersebut, menimbulkan efek nyaman (CMIIW Gan). Minum air putih yang cukup Gan setiap hari. Ndakpapa sih sering ke toilet buang air kecil, tapi air putih yang kita minum dapat mengurangi tingkat keasaman di perut, terutama ketika bangun tidur. Nah sebaliknya Gan, jangan terlalu banyak minum air putih menjelang tidur, apalagi abis minum langsung tidur, ini bisa bikin asam ikut naik bersama air putih yang berlebih ke kerongkongan. Ane sudah merasakan manfaat air putih ini Gan, bisa dicek di mari untuk keterangan lebih lanjut.
  • Habbatussauda a.k.a Jintan Hitam. Ane benar-benar merasakan manfaat habbatus sauda ini Gan. Dalam masa penyembuhan, ane minum 3 kali sehari, masing-masing 2 butir. Ane biasa minum habbatus sauda dalam bentuk kapsul  sehabis sarapan, makan siang, dan menjelang tidur. Dan Alhamdulillah Gan, ini sangat efektif dalam pengobatan. Oh iya Gan, ini cocok-cocokan kali ya, setelah ane banding-bandingin jenis habbatus sauda dan merknya, ane cocok sama yang bentuk serbuk kapsul, merk Kurma Ajwa. Agan bisa nyari produk ini di apotek tertentu, toko herbal, toko herbal thibbun nabawi, atau toko-toko online Gan. Untuk info, bisa dilihat di Mbah Bro Google di mari.

Itu saja? Iyah, simpel kan? Oke Gan, silakan dicoba jika berkenan. Perhatikan porsi susu Gan jika Agan terkena masalah di ginjal, karena pada dasarnya kalsium dalam susu yang terlalu banyak akan berpengaruh juga pada kinerja ginjal yang tidak normal.

BAGAIMANA DENGAN POLA MAKAN?

Oke Gan, mari kita bahas. Dulu, ketika ane merasakan serangan GERD yang bisa dikategorikan pada kategori puncak, beberapa hari setelah itu dan setelah mendapatkan edukasi dari internet dan informasi pendukung dari para dokter, ane benar-benar menjaga pola makan.

Masa sulit (tahap I). Agan pernah makan lantas merasakan nafas yang berat dan perut terasa penuh? Aha, kalau begitu, benar-benar perhatikan pantangannya Gan. Jangan dipaksakan makan terlalu banyak jika itu terjadi. Dulu ane makan 3 sendok saja sudah tidak sanggup lagi melanjutkan. Ane berhenti dan mengganti nutrisi lain seperti segelas (tepatnya sekaleng) susu (waktu itu Bear Brand). Maaf Gan, ane menyebut merk di sini bukan untuk iklan, tapi benar-benar untuk sharing pengalaman. Dalam kondisi tersebut, ane beberapa kali sarapan dengan 2 butir telur ditambah 1 kaleng susu. Siangnya makan bubur plus 1 kaleng susu (atau dibalik menu sarapan dan makan siangnya). Bahkan porsi makan sore/malam juga bubur. Pada kondisi ini, berat badan ane turun sampai 6 kg. Alhamdulillah, diet yang lumayan murah ;p. Ini berjalan di kisaran bulan kedua sakit berjalan (karena sebelumnya masih belum tahu banyak tentang karakter penyakit ini). Temulawak dan habbatus sauda masih ane konsumsi.

Masa sulit setengah lewat (tahap II). Setelah masa-masa sulit itu terlewati, ane mulai mencoba makan nasi lagi, tapi nasi yang lumat (dibanyakin airnya pas menanak nasi tersebut), jadi lebih halus untuk dicerna lambung. Itupun porsinya belum bisa sepiring penuh. Paling tidak 4-7 sendok sudah lumayan. Lauknya minimalis Gan, tahu, tempe, telor, dan kadang-kadang dikombinasikan dengan ikan. Susu masih saya konsumsi, pagi dan malam. Makanan bersantan masih ane hindari Gan pada masa ini, termasuk nasi goreng dan mie. Temulawak dan habbatus sauda masih ane konsumsi.

Masa sulit terlewati (tahap III). Pada masa ini, ane sudah berusaha kelbali ke jalan yang normal, Gan. Minum susunya juga sekali-kali, dan temulawak juga sekali dua kali sehari (yang dulunya sampai 3 kali sehari rutin). Ane juga sudah mencoba makan mie (nah ini masih terasa dikit sesaknya setelah makan mie), kemudian jeda seminggu atau 2 minggu kemudian coba mie lagi, tapi tidak banyak.

Masa bebas (tahap IV). Tahap ini ane mulai benar-benar berani Gan, setelah sekitar 3 bulan berteman dengan makanan ala rumah sakit ;p.  Inilah saatnya ane mulai makan makanan dengan kombinasi sambal, makan santan, minum es, makan gorengan, coklat, dan alhamdulillah, saya berani katakan dalam tahap ini 95% sembuh Gan. Yang 5%nya apa? Yang 5% itu beberapa kali ane merasakan tidak nyaman ketika tidur malam tanpa posisi bantal yang tinggi. Namun setelah jalan beberapa jam tidur, tanpa bantal pun bisa nyaman. Tapi so far, alhamdulillaah, ane sehat dan berhasil melawan penyakit ini.

Baik Gan, kelihatannya terlihat simpel? Iya, memang, ane benar-benar serius mencari informasi tentang penyakit ini dan serius menjalani perawatannya. Kalau agan ingin bertanya dan menambahkan pengalaman dan pertanyaan, silakan tuliskan pada komentar.

Sekian dulu ya, Gan. Ini part III habis, sesi terakhir ^_^. Semoga Agan dan Aganwati sekalian mendapatkan kemudahan dalam proses kesembuhannya.

Best regards,

InsyaAlloh Darwis Sukses.

178 Responses to “Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 3 Habis”

  1. Yanuar Perkasa said

    Bang Darwis berapa tota dari kena pertamakali sampe sembuh total? Kal saya sekarang udahbaikan tpi kadang masih terasa pegal di punggung dan sedikit panas di perut> Sekarang juga mulaikosumsi temulawak instan dan kumur air garam.

    • Darwis Suryantoro said

      Tota apa maksudnya, Mas?

      • yanuar perkasa said

        Total maksudnya mas Darwis. Dari mulai kena sampe benar2 sembuh dalam arti semua keluhan termasuk pegal2 juga hilang. emang untuk konsumsi tempe ato tahu goreng sebagai lauk harus dibatasi juga ya Mas?

      • yanuar perkasa said

        Maaf Mas Darwis maksud saya bukan total biayanya, tapi total lama penyembuhaannya same g ada keluhan sama sekali:D. Saya jg mulai dikit2 nyoba makanan yg diceraikan tpi klo g enak ya g saya terusin> Trims mas atas infonya.

      • Darwis Suryantoro said

        Dari September sampai Desember Mas. Saya sudah bisa merasakan makanan pantangan di awal Desember.

  2. edi julijanto said

    Alhamdulillah..terima kasih atas tulisannya gan…smoga bisa bermanfaat dan cocok utk saya terapkan pada diri saya sendiri dan utk teman2 yg lain yg punya keluhan spt agan…utk saat ini saya masih konsumsi obat2an dari dokter Omeprazole 20mg dng aturan minum 2×2 dan sdh mendingan…tp saya ingin terbebas dari obat2 kimawi tsb

    • yayan mulyana said

      assalamualaikum, mas boleh minta no hp, saat ini sya juga kmsumsi omeprazole 20mg, diagnosanya asam lambung

  3. tricahyo said

    Assalamu’alaikum, mas darwis ana minta tolong ya mas? Minta no hpnya dong. Ibu ana skit sperti anda. Sya mau minta penjelasanya ya mas. Terimakasih

  4. edi julijanto said

    Assalaamu’alaikum mas..obat omeprazole sy sdh habis..skrng saya lagi menerapkan apa yg lagi mas lakukan..maaf tolong nomor hpnya mas..? trims

  5. edi julijanto said

    KALAU SUSU KAMBING ETAWA DAN MADU BAGAIMANA MENURUT AGAN ? TRIMS

    • Darwis Suryantoro said

      Kalau susu kambing saya belum pernah konsumsi Mas. Mungkin perlu dicari referensi lebih lanjut, karena saya belum berpengalaman. Tapi kalau madu Insya Alloh aman.

  6. edi julijanto said

    MAS DARWIS UTK MINUM TEMULAWAK DAN JINTEN HITAM..ATURAN MINUMNYA GIMANA ? SESUDAH ATAU SEBELUM MAKAN ? TRIMS

    • Darwis Suryantoro said

      Halo Mas, biasanya saya setelah makan Mas. Kalau untuk proses penyembuhan saya bisa sampai 2 atau 3 kali (gelas) minum. Untuk jintan hitam juga biasanya setelah makan.

      • yanuarp82@gmail.com said

        Mas Darwis,kalo jinten hitem dalam bentuk serbuk aman g ya? Soalnya sebelum kena gerd saya biasa konsumsi sama madu. Mhn sharingnya. Trims
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      • Darwis Suryantoro said

        Mas Yanuar, Insya Alloh aman. Saya biasanya minum dalam bentuk serbuk yang sudah dikapsul Mas, biar lebih praktis. Banyak di toko-toko herbal thibbun nabawi, salah satunya yang saya sebutkan pada postingan untuk merknya.

      • yanuarp82@gmail.com said

        Mas Darwis maaf nh mau nanya lagi. Pas kena GERD ngalami radang tenggorokan g,trs pada saat recovery mash serng mrasa sesnsasi panas di tenggorokan? Soalnya saya seminggu ini ngalami kaya sensasi panas di tenggorokan tpi g separah wktu reflux padahal udah kumur air garam and konsumsi temulawak? Mhn sharenya mas. Trims
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      • Darwis Suryantoro said

        Iya Mas, tenggorokan iritasi. Makan apel juga Mas untuk proses penyembuhannya.

      • noviyanti said

        Ass..
        Untuk temulawak n jinten hitamnya berapa lama konsumsinya dan diberangi dengan obat dokter gak?
        Trmksih

      • noviyanti said

        Halo mas..
        untuk temulawak n jinyen hitamnya brp lama konsumsinya ? Dan apakah disertai juga obat dr dokter?
        Thanks

  7. Fadlillah said

    Mas Darwis, tiap tahapan diatas anda butuh brapa lama? n kalo boleh tau, slama menderita pnyakit ini, keluhan/penderitaan apa yg paling menyiksa anda?

  8. edi julijanto said

    mas darwis butuh berapa bulan setelah lepas dr obat dokter anda membutuhkan kondisi yg normal kembali ( sensasi sakit gerd yg biasa kita alami benar-benar tdk terasa lagi )..terima kasih

  9. edi julijanto said

    Mas Darwis..utk apelnya jenis apel lokal atau yg import..trus minum cuka apel apa lambung nggak bereaksi sama sekali..trims

  10. muhamad haris said

    Mas, mau konsul tentang GERD yang saya derita sekarang ini.
    mohon kirim contactnya ke email saya. thx banget mas

  11. ebhiet said

    asalam,,artikel pengalamnnya bagus gan sangat bermanfaat buat para penderita gerd,,,mas darwis bisa minta no hpnya pin/wa nda mas,,cos ada yg ingin saya tanyakn lebih lanjut ,saya di diagnosa gerd oleh dokter setlh mengutarakn gejlnya,,tks salam sukses

  12. Agus said

    Super sekali mas darwis.
    Saya sudah 1 bulan terkena GERD. Dan kata dokter saya harus terapi obat dulu Lansoprazole 1x sehari. Apa boleh mas obatnya dibarengi dengan obat herbal. Oh iya mas. Saya sering merasakan lemas padahal tidak beraktifitas. Apa itu termasuk gejala ya mas. Padahal perut sudah enakan.

    • Darwis Suryantoro said

      Saya dulu berdampingan mas antara obat dokter dan herbal, waktu konsumsinya sebaiknya dikasih jeda, 2 atau 3 jam begitu. Namun, setelah beberapa waktu,setelah itu full ke herbal. Betul Mas, saya merasakan hal yang sama dulu ketika sakit, mudah lemas, gairah tubuh menurun.

  13. arti said

    Saya sudah 2 bulan menderita gerd, boleh minta no hp atau pin bb nya????

    • Darwis Suryantoro said

      Silakan add facebook saya, atau kirim message via facebook. Nanti bisa berlanjut ke Whatsapp jika punya.

  14. arti said

    Klu apelnya apel apa mas yg merah atau yg gimana mas????trus pengaturan waktu makannya gmn mas????cara mengatasi sakit punggung sama pinggangnya gmn???makasih sebelum n sesudahnya

    • Beb said

      Thanks untuk Mas Darwis. Saya yakin, sharring Mas Darwis sangat membantu para pengkena GERD, salah satunya adalah saya. Saya akan coba semua yang Mas Darwis anjurkan, semoga saya dan teman2 yang lain yang mengalami hal yang sama dapat melewatinya. amin..

  15. romedius hendra said

    Mas darwis.. Minta no kontak donk.. Bisa kirim ke email aku?? romedius@hotmail.com.. Siapa tau pengalaman sy jg bisa jdi referensi mas kalo kambuh lagiii.. Cara sembuh tiap org beda2 yaa.. Sy dulu parah jg mas.. Mentalnya udh kena.. Jdi lama sembuh ya.. Setau sy sich gerd ga bs sembuh total yaa.. Kecuali dibedah, fundoplikasi.. Ato sy pernah baca ad metode menggunakan gelombang biar si katup LESny normal lgi.. Tpi buat yg lain ga usah takut kok, klo udh tau ngidap gerd, tinggal sesuain ama kondisi tubuh.. Klo lgi sesak, jaga kondisi n makanan.. Klo lgi fit, makan pantangan boleh, tpi tau bates.. Inget wktu sy dulu penyembuhan mental, dr kepercayaan sy bilang coba aja dikit2, klo merasa ngefek jgn dimakan.. Sy sich dulu prnah coba kopi bner2 ngefek yaa, tnggorokan langsung sesek.. Tpi krn sy peminum alkohol, minum bir malah gpp tpi wktu kondisi fit.. Klo lgi ga fit udh kena gerd, kalian pasti bisa membatasi diri kok, sambel aja bisa dipantangin ama saya scr sy org bdg ( tau kan org bdg maniak ama pedesny ky gmn).. Thanx mas darwis.. Ditunggu ya no kontaknya

  16. Hamam suhaily said

    Assalamualaikum mas darwis
    Saya sudah satu bulan ini d diagnosa gerd sama dokter. Saya mau ngikutin tulisan mas darwis. Kalau mas darwis berkenan mohon no hp atau pin bbm nya mas. Terima kasih banyak semoga kita semua di beri kesehatan oleh Allah

  17. Rio said

    Gan ane jg kena spt yg agan Alami…. Ane bl coba cara makan agan, ini udah bulan kedua… Mudah2an bs sembuh… Yg bikin berat itu menghilangkan pikiran negatifnya….

  18. juprianda said

    Malam mas darwin, saya mohon minta pin bbnya dan no. Hp dong, untuk informasi penyembuhan GERD, saya mengkonsumsi madu.. Biar bsa sharing. Terima kasih.

  19. iwan said

    Mas sy jg kena gerd boleh gk sy minta no hpx mas darwis trims mas

  20. iyan said

    Mas darwis sy kena gerd uda jln 6 bln nih,boleh gk bro aq minta no hpx biar lbih jls ksembuhan sy please mas sy tnggu ya

  21. Nurul said

    mas boleh minta pin bb nya kebetulan saya juga kena penyakit ini.menyiksa sekali😥

  22. Desi said

    Mas mau tanya, kalau masak pakai bawang merah atau putih boleh gak sih kalo kena gerd?

  23. eka said

    Mas blh mnt almt fbnya cos sy kn pykt ini mau share atau pin bbnya mksh

  24. evy lusiana said

    Minta nmr hpnya donk mas darwis…kbetulan kena pnyakit yg sama juga;(

  25. lekardhi said

    gan tos dulu dong gan😀, semua runtutan cerita agan ttg GERD dari bag 1-3 hampir sama kyk kejadian yang ane alami. kejadian lucunya ya selalu salah diagnosa gitu he he he. tenang, ente ga sendiri gan ada temennya, yaitu ane he he he😀.
    dan setelah baca artikel agan ini ane jadi semakin mantep melakukan penyembuhan . makasih ya gan :cendol

  26. Andy S said

    Ini tulisan benar-benar bermanfaat. Saya sdh beberapa hari ini gundah gulana karena semua hal yang agan tulis di part 2 itu saya alami, sampai saya stress dan memperparah semua gejalanya. Tapi menemukan tulisan ini seperti berkah, membuat saya jauh lebih tenang dan faham betul cara menangani penyakit ini. Terimakasih ya gan..

  27. liem djunaedi said

    Kondisi yang mas ceritakan ampir sama seperti saya. Kalo saya lebih ke stress nya. Bah kan stress ini sudah masuk ke alam bawah sadar. Ketika saya diam pun kondisi stress ini bisa muncul. Yang mau saya tnykan, minum susu prebiotik kaya yogurt boleh tidak? Untuk mengatasi stress nya, apa yang sudah mas lakukan? Makasi

  28. melia said

    Assalamualaikum
    Hi..aku Melia

    Maaf ya pak…aq ingin share yang aku rasain juga ni.klu gak keberatan Whatsup aku dong di no 081386906070
    Trimakasih ya pak sebelomnya

    Wassalam
    Melia

  29. dheny dian pratama said

    gan ane mw tnya ne, , kepala ane keliyengan,nafas sesak, . tenggorokan ada yg mengganjal, , apakah it trmasuk gerd, ,

    kemarin ane berobt, kata ny masalah dari lambung ny aj, ,

    ane juga udah gabung d group tp blw d confrim. .

    bsa minta bantuan ny gak gan, ,

    • Darwis Suryantoro said

      Halo Gan. Agan harus memastikan dahulu jenis sakitnya apa. Jika sudah dipastikan itu GERD, Agan bisa pilih metode pengobatan medis dari kedokteran atau metodek terapi ane dengan herbal.

  30. Thanks Mas Darwis atas informasinya.

  31. budiyanto said

    Mas Darwis…salam kenal… sy sepertinya kena GERD juga, kalo makan pisang boleh gak?

  32. firman said

    Assalamualaiikum wr.wb.
    saya penderita maag kronis dan asam lambung saya minta tlg bagai mana agar apa yg saya keluhkan bisa saya atasi..saya sdh macam2 minum obat dokter dan herbal sudah hampir 14/15 tahunan saya menderita spt ini tlg di bantu pendapat dan informasinya lbh lanjut mksh.

  33. Ryan Pratama said

    Assalamualaikum Kang Darwis,

    Saya Ryan, oleh dokter didiagnosa GERD. Kalau kang Darwis otot leher-nya suka berat ga? Nuhun

  34. Earlia said

    Can I have your number please .. Really urgent

  35. Teti septiana said

    Pak Darwis Tolong Minta No Hp nya Sama Fb nya Please Ini Email Ku tetiseptiana8@gmail.com Saya Mau nanya2 tentang penyakit gerd

  36. afan said

    terimakasih banyak atas infox mas darwis….

  37. praditya said

    mas mnta link fb nya donk…

  38. nadya said

    assalamualaikum mas darwis, saya merasakan penyakit gerd ini dari awal february ini.dan penyakit ini bikin saya cepat stres sampai susah tidur di bulan2 pertama, sampai apa2 saya takut, takut naik pesawat dan tidak percaya diri.penyakit ini sebenrnya kambuh2an. tidak selalu kembuh, gerd lebih banyak kambuh oleh faktor pikiran, jadi kalau stress langsung kambuh, boleh minta alamat emailnya?atau pin bb nya mas?thanks

  39. puspa said

    mas klo sampe muntah darah termasuk gejala gerd? dulu saya pernah gara2 muntah darah lgsg di diagnosa TB paru. tp dr gejala yg lain gada yg cocok dgn diagnosa TB. badan saya gemuk terus (yg hampir smw org penderita paru itu kurus). dr gejala yg dialami dr dulu hingga skrg, 90% sama dgn gejala gerd. secara saya maniak kopi coklat dan sambal. dan saya gapernah merasakan gejala TB paru yg kecuali muntah darah saja. itu pun sekali.

  40. Wulan said

    Tanks mas darwis atas shering ke pada kami .. saya jg mengalami sakit GERD tapi kerika saya Seach saya ketemu solusi dan obat alam tanks mas darwis

  41. indra said

    Alhamdulillah, InsyaAllah ini jawaban dari Allah utk penyakit saya. Saya udah hampir 4 bulan konsumsi obat dokter belum sembuh2.. InsyaAllah skrg saya akan coba diet yg mas sharing🙂 . nanti kl saya sembuh akan saya share lagi disini. Mohon do’a dari teman2 sekalian.

  42. Nenny Hariyani said

    sama mas darwis…saya baru2 ini dinyatakan dokter sakit GERD oleh dokter ahli gastro..tapi sebelumnya dikatakan dokter tht rs negri di semarang sakit LPR grade 3 setelah endoskopi…saya sudah berobat ke banyak dokter…bahkan sampai opname 2 kali..karena dinyatakan sakit bronkitis…awalnya hanya gatal sekali.di tenggorokan dan jadi batuk kronis…terus disuruh juga rontgen…dinyatakan bronkitis…tp rasa mengganjal di tenggorokan masih ada…dan menyebabkan sulit nafas…pernah ke dokter thr di rs swasta di semarang..dikatakan radang tenggorok kronis..keluhan rasa mengganjal di tenggorokan masih ada saya malah dirujuk ke dokter jiwa dikatakan histeria globus…opname sampai.2 kali…dikatakan.dokter paru bronkitis saya ringan…tapi tenggorokan saya masih.saja sakit..ada yang rasa mengganjal…dan sekarang suka berdehem2…ulu hati saya sudah berkurang nyerinya…sampai saya disuruh test tyroid segala…usg tenggorokan juga…rasa ganjal dan sakit tenggorokan masih saja ada…ini sudah berlangsung 4 bulan…

  43. Cian said

    mas..mau tanya dong sy jg divonis kena Gerd sama dok,smua kejadiiannya sama percis ky yg saya alamin. Parnoan ampe didlm pesawat..pdhl dlu kerja sehari2 dipeswat😔 klo lg kambuh sesak,dada langsung sempit sampe tenggorokAn,plus langsung batuk2 kering klo lg kambuh. Udh 2 tahun ngalamin ini dan blm smbuh sampe skrg. Sampe divonis macem2 ama dok, paru2 smua bagus 😔 mau tnya kmrn mas klo kambuh gt sesak nya pake batuk jg ga. Thx ya

  44. noviyanti said

    Mas…sy jg kena gerd..terasa di awal bln 12..di bln 1 br tau kl gerd setelah endoskopi..bisa minta pinnya mas

  45. Ari Pudyo said

    Terima kasih atas sharing mengenai cara mengatasi penyakit GERD yang sangat bermanfaat buat banyak orang dan terutama untuk saya.
    Jika berkenan saya ingin bertanya, kapan Temulawak dikonsumsi dan berapa kali dalam sehari. Terima kasih

  46. Mufti said

    Ane udh kna pnyakit ini krg lbih 3bln Gan, blm smbuh total, udh lmyn baik d bln kedua langgar jdi kumat lgi, kl udh prah lama lagi smbuh nya….. Trkdang faktor tlat makan mnjdi awal pemicu pnyakit ini, apakah agan dlu pas masa pnymbuhan mkan teratur atau bagaimana, karena misal biasa mkan siang jam 12, itu kelewat dkit udh kmbuh penyakit ini. Trims atas post nya, sngat brmnfaat, smga saya bsa smbuh spt agan Darwis…. Amin

  47. citra okta said

    Assalamu’alaikum..selamat pagi mas darwis..minta untuk no.telp biar bs saya add d’WA..saya sakit asam lambung/ Gerd..sudah 4bulan terakhir ini..udh obat apapun yang sudah saya mnum..tp blm ada hasilnya..mohon bantuannya..terima kasih mas darwis..

  48. onnapurpleflo said

    Mas darwis, saya sudah request join ke gihm indonesia tapi belum di approve2 .. bisa add saya gak mas, saya sdh kirim mesej di fb mas, terima kasih

  49. onnapurpleflo said

    Mas, saya sudah request join ke gihm indonesia tapi belum di approve2, bisa gak mas add saya ke grup itu, saya sdh krm mesej di fb mas, terima kasih

  50. bung jo said

    ane lom baca semuanyaa tp yaqiiiiiiinnnnnnnn ini penyakit ane trimmmmss bangettt infonyaaaa

  51. purwanto said

    minta pin bb nya dong saya juga gena asam lambung udah 3 bulan belum sembuh

  52. lailaok said

    Bener2 sama spt sya tp sy blm bs sembuh total. Info yg sgt bermanfaat. Sy akn berusaha dan tdk menyerah

  53. coco said

    assalammualaikum…. terima kasih banyak mas atas artikelnya… secara pskologis sangat membantu saya untuk sembuh dari penyakit gerd ini… karena saya sudah mengalami kurang lebih 3 bulan.. kalau bisa saya minta contact person mas darwis Pin BB atau nomor HP…thx

  54. Mardhiany Sidayat said

    mas darwis, mo nanya, aku didiagnosa gerd tuh 7 tahun lalu, skrang kambuh lagi karena ga disiplin, dulu seingatku, tenggorokanku ga gatal dan sakit, tapi sekarang sakit dan gatal, terus kalokonsumsi bwang putih + bawang merah boleh ga

  55. fauzan said

    Salam kenal mas, aku mau nanya apa gerd membuat susah tidur malam, kalo tidur sering tersentak bangun, trus kalo di sendawain baru enak, nafas juga susah kayak ada yg yang nyangkut antara hidung dengan kerongkongan. Badan letih pundak sakit, kepala pusing kayak kurang oksigen. Aku pernah ke dokter spesialis tht dan penyakit dalam, pernah di endoskkopi ternyata ada baret di katub atas lambung, pernah ct scan hidung katanya adenoid tebal namun kata dokter yg lain masih batas normal. Ini sudah tahun ke 2 namun sampai sekarang belum nampak perubahannya. Boleh minta emailnya untuk tanya tanya. Terimaksih sebelumnya.

  56. dimas said

    Mas saya sudh 2 hampir 2 bulan kena gred, terkdang enakan trus kambuh lagi. Keluhan saya dada berat, nyesak dan hidung terasa mampet. Perut ngk sakit. Ngak mules, ngak mual atau muntah.aku sudh coba pake resep dari mas. Cuman temulawaknya aku pake kapsul.dan jinten hitamnya aku pake yang kapsul dalm bentuk minyak kata petugas toko herbalnya lebh bagus.mas kalo boleh, minta no telp nya mau konsultasi.hehehe karna mas sudah pengalaman mengatasi penyakit ini. Maksih banyak artikelnya sangat membantu saya dalm mengobati pe yakit gred ini. Janagan lupa no telp nya ya mas, heheh..

  57. Mas darwis, artikel GERD bagian 1,2,3 nya mantap. Saya baru kena GERD ini dan masih berjuang. Nanti saya add FB nya ya saya tanya2 via PM aja. Thanks

  58. Astrid Aruben said

    Ternyata banyak yg mengalami gejala spt ini krn sy jg mengalami sampai mau pingsan, skrgpun msh sering muncul dn pernah sehari sampai berkali-kali membuat tersiksa, trmksh sharingnya yg sangat bermnfaat, kalau boleh minta no WA nya mas Darwis (no ku 08157959726 atau Add di fb ya mas, trims sblmya

  59. Anto Gus said

    Thanks mas darwis atas sharingnya. saya sedang menglami GERD. mau tanya apakah jika menderita penyakit ini bisa berpuasa?

  60. irvan said

    tolong saya

  61. olam seratus watt said

    super sekali kawan..
    saya warga GIHM dan apa yang agan terapkan pas sekali dengan apa yang saya lakukan.. Saya lebih dari 150x ke dokter dan ditangani lebih dari 30 dokter (maaf bukan sensi) tp memenga benar kata dokter bahwa penyakit ini harus di manage oleh diri sendiri.. Kedukun gak terlitung wkwkwk..
    Tahun 2012 – 2013 masa tahap sulit masih gak paham ini penyakit.. Dan setelah bosen berobat kesana kemari barulah saya sadar dan memberhintikan obat obatan (tidak cocok pd tubuh ku)..
    Tahap awal penyembuhan ku sama apa yang tulis oleh agan hehe..
    Tahap berikutnya juga sama termasuk minum susu dan sampai sekranga masih di lanjut minum susunya barusan juga joging langsung minum susu padahal tadi malam sudah full gkgkgkgk..
    Hubungan dengan pencipta itu andalan ku (religie) modal dasar tuk menghilangkan anxie maka saya seneng di GIHM karena ADMIN nya faham TUHAN dibanding dengan faham DOKTER..
    Saya dah sampai ke titik pasrah/sabar = menerima apapun pemberian TUHAN sambil mencari jalan yang terbaik..
    Hubungan dengan ALAM itu membutuhkan MANAGE dengan baik karena merupakan stressor utama (poin ini saya banged) hehhehe.. Setelah bisa mencabut duri duri tersebut mulai ada rasa nyaman dan enjoy..
    Hobby saya mulai di gandrungi dengan main musik dari panggung ke panggung meskipun awal awal saya mental ku down ngak PD naik panggung gemetaran kaya waktu di SD di suruh nyanyi oleh bu guru cantik lagu garuda pancasila tapi terus dan terus karena itu merupakan phobia sosial..Alhamdulillah sekarang saya dah aktif lagi..
    Saya juga sering memberikan motipasi pada rekan GIHM sesuai apa yang agan tulis artikel di atas.. Dari mulai hentikan obat obatan sampai pada tahap minum susu..
    Makassihh banyak kawan..
    Salam sehat..

  62. anisa said

    mas aku boleh minta nomor nya ga?? mau konsultasi nih ..

  63. novi said

    Terima kasih atas postingannya.bermanfaat bgt.sy smp terharu trnyata gerd bisa sembuh total dan dg cara alami.sy baru mngalami 3 bulan lalu smp 2mgu tdk msuk krj n srg kmbuh. &tmn blg jgn berharap akan smbuh krn ini akan trs kambuh.Postingan mas darwis memotivasi sy untuk smbh total dr Gerd.share pglmn ini smg mndpt pahala dr Allah swt.sukses untuk mas darwis

  64. Rosii Exct said

    Asalamualaikum mas darewis,salam kenal, mas Darwis apa kabar sekarang?

  65. qq said

    Betapa dahsyatnya ya pak penyakit ini, benar2 kl kumat pasti tertuju pada kematian, saya sudah 7bln yll terkena gerd ini, pergi ke puskesmas dan ke 2dokter umum saja, saya masih beruntung karena penyakit yg saya derita blm parah, tapi tetap saja rasanya sakit, tak tertahankan, meskipun ke 3 dokter tidak ada yg bilang kl kena gerd mereka hanya bilang kena asamlambung gt aja, di dokter ke 3 alhamdulillahnya saya cocok pak, bliau sprtinya mengerti penyakit saya ini, dan pantangan2 seperti diatas juga blau sarankan, alhamdulillah pak selama itu saya sembuh, dan tidak pernah makn mi instan dan sambal lagi, tp baru kemarin ini kayaknya kumat lg, krna saya pakai puasa dan dlm keadaan hamil pula, saya takut kalau minum obat pengaruh ke janin saya,, sekarang dilema saya pak, hehehe,, tindakan apa yg harus sy lakukan,,

  66. renimaryani said

    Assalamualaikum..mas sy bs mnt no hp nya or oin bb nya saya mau share krn sy br di vonis gerd minggu kmrn..sy cape aja tiap hr minum obat apalagi saat ini sy sdg menyusui anak saya..mlsh ya mas..

  67. erwin said

    Sy jg spt nya mengalami GERD, lidah dan tenggorokan menjadi berwarna putih, dan sy mengkosumsi air rebusan temulawak setiap hari, sehari 3 kali.
    Bbrp hr kmrn. Sempet dropp, lantaran hilang nafsu makan, badan rasanya spt mau tumbang, dan kelopak mata menurun, tapi rasa. Sakit diperut udh tidak lagi. Karena khasiat temulawak tsb,

    Karena lidah nya berasa tidak. Nyaman, jd bikin nafsu makan agak berkurang, kdg dipaksain, yang penting perut ada isinya,
    Padahal perut udh siap u/menerima makanan yang banyak, dibanding sblmnya,
    Tapi mulut sangat pilih2 dlm makanan, melihat apa saja jadi ga nafsu.

    Bagaimana mengatasi ini?

  68. erwin said

    Dan belakangan saya sering sekali cegukan, apakah bila lambungnya(GERD) membaik.kondisi. Yang lain jg akan membaik?
    -lidah
    -tenggorokan
    -stamina
    -dan berat badan

  69. ahmed said

    keren gan tulisannya…. sangat bermanfaat
    btw ane kaya kena GERD (Kayaknya) jugadengan ciri-ciri berikut=
    1. jantung berdebar berasa sakit jantung (dalam hal ini ane kena serangan panik takut meninggal dll)
    2.dada terasa sangat panas ditengah (kadang-kadang ke keperut) *istilah gaulnya heartburn
    3. nyeri dada intens( paling sering kiri ini yang ane takut penyakit jantung)
    4. sering sendawa
    5. pegal di bagian tangan
    ane anak kuliahan sebelumnya ane magang disalah satu restoran fast food…. skip2 disana ane makan pizza mele plus sambelnya segambreng.. skip2 ane tunggu tanggal 13 yang notabennenya tanggal gajian. skip tanggal 13 GAJI ANE DIPENDING…. ane langsung galau dan katanya tanggal 28/8/15 gila gak? dari situ ane galau yang niatnya mau ngabisin liburan…. skip2 ane kena KE 5 gejala diatas
    skip2 ane berobat ampe 3x… dokternya pada bingung bahkan ane berobat di salah satu apotik ane dikasih obat yang salah😦 skip2 setelah ane baca TRIT KASKUS DAN TULISAN INI MENGENAI GERD ternyata ada aja ORANG YANG NASIBNYA KAYA ANE…. ternyata KUNCI DARI MASALAH INI IALAH STRESS….. karena stress bisa merusak kinerja otak yang membuat kita semakin sakit…
    cukup segini aja gan🙂 intinya ialah RUBAH POLA HIDUP DAN MANAJEMEN STRESS DAN TERPENTING IALAH JAUHI MAKANAN PANTANGAN MENURUT TULISAN AGAN INI DAN JANGAN LUPA BERDOA YAH….!?

  70. taupik said

    saya mrasakan hal yg sama..panik bget tp skrang jadi lbih tau apa itu gerd

  71. siti kalimah(nurul alimah fb) said

    Assalamu alaykum Mas darwis suryantoro,terimaksih tulisannya bagus banget,semoga sy bisa menerapkan nya hingga bisa sembuh seperti Njenengan…

  72. Bondan said

    Salam kenal ms.darwis. Waktu sakit Gerd apa sering terasa mau pingsan? Sy didiagnosa gerd awal bln puasa 2015 kmaren dan sempat dirawat di RS seminggu ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam dan konsul ke dokter spesialis jantung. Akhir2 ini yg sering saya rasakan hampir tiap hari kepala kliyengan, serasa mau pingsan, kadang terasa jantung kayak berhenti sejenak, mual tp tdk muntah, gemetar dan berdebar2/cemas. Saya sdh check jantung 3x (2 kali EKG dan 1 kali Treadmill) hasilnya negatif semua.Apakah sy betul2 sakit Gerd? Minta no hp dong biar enak komunikasi/curhatnya lewat WA. Pleaseee…

    • Darwis Suryantoro said

      Halo,
      Memang akan terasa begitu Mas Bondan.

      • Bondan said

        Alhamdulillah… makasih atas jawaban ms.darwis, akhirnya dpt temen curhat yang menambah keyakinan saya hehehe… Soalnya saya bener2 takut jgn2 saya sakit yang lain, apalagi jantung. Ngeri kaliii!!! Soalnya klo saya pakai olahraga rasanya jantung saya normal2 aja malah badan terasa lbh seger klo abis olahraga. Kbetulan sy olahraga di rumah 2 hr sekali pakai sepeda statis

      • Darwis Suryantoro said

        Alhamdulillaah, mantab Mas.

  73. iranyoman said

    Mas gejala awalnya itu gmna sih?

  74. stephang said

    Assalamulaikum

    Agan agan sekalian ane mau share nih pengalaman semoga bisa diterapkan juga di Agan sekalian
    ane Gerd juga udah minum apapun omz miotilin apalah semua obat kunyit, dan lain lain semua sudah gak sembuh sembuh
    ternyata ana dikasih petunjuk Gan sama Allah dapetnya dari temen ane ngaji
    jadi agan tau kan lemon bukan jeruk ya, lemon yang kuning agak lonjong agak mahal si tapi ok banget
    jadi pagi sebelum agan kena apa apa peres dah tuh lemon 1 butir minum peresannya ya paling jadinya 1/4 gelas
    emang rasa asam tapi ternyata dia basa dan melapisi lambung agan…..
    nah ane coba tu …. alhamdulillah Allah kasih sembuh udah almost 2 weeks gak kambuh, gak pusing, gak deg deg an ….
    sebelum minum berdoa dulu Gan bilang yang ya Allah yang menyembuhkan Engkau yang menyehatkan Engkau trus minum, lemon cuma asbab aja….minum deh….
    sampai skr gak kambuh dan obat2 ditinggalkan takut jd ketergantungan
    minum selama 14 hari jangan putus ya…..
    nah boleh dicoba bagi yang mau….
    semoga Allah mudahkan….

    Wasalamualaikum

  75. Hai semua, kisah yg dialami mas darwis jg benar-benar saya alami selama 3 tahun lebih menderita gas lambung berlebih ( Gerd),berbagai obat kimia khusus meredakan gas lambung sudah saya minum sampai saya bosan dan ketakutan sendiri bila ingin kosumsi obat kimia..dokter spesialis gastro menyarankan saya untuk endoscopy hasilnya ada peradangan dilambung hingga kekerongkongan, semua itu karena iritasi aslam ( asam lambung ) tak sampai disitu karena selama 3 tahun lebih bolak.balik ke dokter spesialis akhirnya dokter menyarankan kepada saya untuk konsul ke psikiater karena gerd yg tak kunjung sembuh..rasa cemas yg sudah berlebih hingga depresi karena sakit yg saya rasakan 1001 macam hehehe, biaya pengobatan dokter dan rumah sakit tidaklah sdikit , obat golongan penenang dan obat tidur tak luput dari resep dokter dan psikiater sampai akhirnya benar-benar dalam kepasrahan dan kembali ke titik nol tak ada satu penyakit yang tak ada obatnya kecuali penyakit kematian , penyembuhan saya juga tak jauh beda dgn mas darwis dgn pengobatan herbal dan trafi hati sendiri , saya tanamkan rasa bersyukur dalam menjalani hidup ini setiap saya menghirup udara secara gratis saya akan bersyukur..msh bisa melihat..masih bisa berjalan ..masih bisa makan walau tidak semua jenis makanan bisa dimakan tapi saya tetap bersyukur dengan rasa syukur tersebut membuat hati lebih sabar dan tenang, adapun obat herbal yg saya minum adalah jelly gamat Gold G plus madu asli, kombinasi kedua herbal ini dapat melapisi mokusa lambung, mengurangi asam dan gas lambung berlebih, menyembuhkan peradangan ditenggorokan dan sariawan,meningkatkan stamina tubuh karena kita tau madu memang mempunyai keunggulan dalam mengobati berbagai jenis penyakit.
    Allhamdullilah banget karena kedua jenis obat herbal ini saya bisa mengkosumsi lagi makanan seperti sebelum saya terkena gerd..walau porsinya mesti kita yg atur..pola fikiran juga tetap harus dijaga
    untuk teman-teman semua kita saling berbagi untuk kesembuhan gerd untuk dosis dan berapa lama kosumsi gold g plus madu silakan invite bb 76565313 , 7D66D296.

  76. yhie said

    Bang biza minta nopex..
    Soalx saya udh mau 2bulan juga kadang enak kadang gk enak perut,dada,n tenggorakan..

  77. Vera said

    Bang, sebelumnya makasih udah nulis blog ini, saya jd makin termotivasi sembuh dari gerd.
    Udah 3 hr saya ikutin juga tuh saran2nya termasuk makan apel ketika bgn tidur, tapi reaksi perut saya abis makan apel 10 menit kemudian langsung mules gak bisa ditahan dan maaf BABnya air. Apa ini terjadi jg sama agan? Reaksi kayak gini normal gak ya? Hehe

  78. Rika Anggriani said

    Assalamu’alaikum….
    salam kenal mas,,, saya sering sekali iri liat teman bisa makan apa aja… smentara saya klo nyobain sekali aja langsung sesak,,, punggung sakit dan ulu hati juga sakit… tapi sy merasa optimis setelah ktemu tulisan ini,,, semoga sy jg bs sembuh seperti ms darwis…. Aamiin….
    sy mau sharing dengan keluhan yg sama,,, untuk apel jenisnya ap? Berapa lama jeda makannya antara apel, temulawak, habbatusauda…. Bisa kita bertemandi fb y mas,,, buar bs tanya2 selama jalanin program diet gerd ala mas darwis… he…he….

  79. rcnaidha said

    Sy kena GERD sdh hampir seminggu lebih. 2x berobat, masuk UGD karna 3 hari berturut2 ga tidur, dokter bilang saya banyak pikiran/stress jd asam lambung sy naik. 3 hari setelah keluar UGD berobat lagi. Tp tenggorokan masih terasa dingin, kdg terasa seperti terbakar sampai ke lidah. Perut ga ada rasa mual/pgn muntah. Hanya lapar teruss wlwpn sudah diisi makanan. klo berdiri perut terasa kenyang, tp klo tiduran perut kosong. Paling terasa kalau malam mau tidur, rasanya cemas sekali dan takut. Baru kali ini sy kena GERD, biasanya hanya mual biasa dan klo mnm obat sembuh. Tp ini tidak.

  80. Ari wijanarko said

    Terima kasih kang Darwis atas informasi yg baik ini semoga kang Darwis selalu di berikan kesehatan …aamiin..

  81. yayan cahyani said

    Bang Darwis, apa yg bang darwis tulis sama spt apa yg sy alami, yg sy mo tanyakan untuk jadwal makan dan minum susu beruang,temulawak, dan habbatusauda nya kpn ya bang, pa hbs mkn langsung mnum ketiganya pa di beri jeda bang,,?klo di beri jeda, berapa jeda waktu nya ya bang,,?terimakasih sebelumnya Bang Darwis.

  82. syarif said

    mas apakah dl peruty selalu kembung? keluhan yg sy alami seperti itu apalagi kalo pagi hari hbis bangun tidur perut gede sekali, ada tips mengatasi kembung mas? makasih byk slam sehat

  83. yulianti said

    Ass mas darwis,saya mau konsultasi masalah gerd,seperti nya asam lambung saya juga sering kumat,saya bisa minta pin bb nya mas?tolong kirim via email saya, http://www.bianarbian@gmail.com atau WA 08998489084

  84. murwati said

    Saya jg sakit sejak desember 2015 sampe skrg lmyan udah sembuh, tp pntangan tkt mlanggar untuk jga2, nyeri/ senut2 luar biasa msh krsa dibwh tlang rusuk kiri

  85. zaenal said

    mas saya merasakan sesak nafas, hidung tersumbat,sudah satu bulan, teinga saya seperti ada benda asing.
    tlong mas infonya
    terima kasihh..

  86. Samsun said

    Ada kabar mas darwis gimana Kabarnya…

  87. Samsun said

    Assalamualaikum…mas darwis….

  88. Qoi said

    Alhamdulillah..ketemu post ini.saya sudah menderita hampir setahun..kemarin2pakai herbal.Alhamdulillah sehat.skr konsumsi obat kimia..plus herbal dikit.saya mau coba teraphynya.fb.darwis suryontoro y.boleh say a add utk Tanya lebih lanjut.
    Terimakasih

  89. Putra said

    Assalamu ‘alaikum..
    Kalo di lihat dr post’ ny udh lama ya pak darwis, smg msh ada waktu luang utk share mslh gerd.
    Sya mulai awal november udh gerd jg, smpai hari ini msh merasakan itu.
    Di awal lgsung sesak napas, blm prnh skalipun sesak napas, bgtu sesak napas lgsung rasanya gak karuan, mlm2 muntah, tidur jg setelah shalat subuh. Rasanya macem2 sperti yng sdra2 lain sampaikan.
    Mohon share pak darwis, brgkali ada nomor hp untuk WA atau pin bbm
    Matur suwun sblmnya

  90. Hafrah Makoza said

    apakah sekarang gerd nya pernah kambuh mas .. ?

  91. Yanti said

    Assalamulaikum

    Mas kalau pads penderita gerd tiba tiba pusing Dan rasa mau pinsan APA yang harus dilakukan?

  92. endra said

    Artikel yg sangat Bagus…trims

  93. Wahyu said

    Assalamualaikum
    Sebelumnya perkenalkan saya wahyu
    Itu pas masnya sesak nafas dan kaya ada rasa panik jantungnya berdebar dan nyeri ga ?

  94. Safira Ana said

    Mas darwis pesan fb saya tlg di balas,saya mau konsultasi soal penyembuhan gerd.

  95. haidar said

    Jazakallah mas darwis atas pengalamannya.,,saya juga menderita penyakit seperti itu….klo boleh saya minta no hp apa bbm mas darwis…

  96. andri said

    thanx mas darwis artikelnya benar benar membuat sy semangat untuk sembuh

  97. agus said

    terima kasih atas artikelnya saya sangat terbantu dan bisa menambah wawasan saya. smoga dengan adanya blog ini bisa membuat orang lain sadar akan pola hidup sehat dan juga mensyukuri nikmat Allah SWT.
    smoga artikel ini bermanfaat dan cepat sembuh
    amin

  98. mbak kris said

    Masalahnya sy blm merasakan keluhan di lambung….tp sy tdk nyaman krn tiap malam tidur muntah sisa makanan..lewat mulut dan hidung ..kadang mengalir begitu saja tanpa terasa….kadang sampe nangis krn kerongkongan dn hidung terasa panas sekali….itu sdh 5 thnan dn skrang frekuensinya meningkat….sudah Pijat refleksi 3 kali tp blm berkurang..saya blm konsumsi obat sama sekali….saya takut jadi penyakit kanker lambung at kerongkongan …tolong saya….

  99. Mas. Kalo masalh kembungnya itu gimana ya mas nanganin nya. Soalnya hampir tiaphari kembungnya mas.

  100. Shirley said

    Mas darwis makasih artikelnya sy sedang mengalami gejala sepwrti yg mas darwis bilang…dan menurut sy penyebab utamanya adalah sy stress dan sy harus memperbaiki isi hati saya…tapi justru itu yg susah mas…haduuhh

  101. Ahmad ruziko said

    Assalamualaikum mas darwis, Saya juga terkena GERD, boleh Saya minta email mas darwis

  102. Jenifer said

    Mas darwis bagi nomor hpnya. berkat blog ini saya jadi tau kalo sakit saya itu gerd sebelumnya saya sudah berdikir yg macam2 dan ga pernah berani keluar dari rumah😦 ini membuat saya parno dan selalu ketakutan karna semua dokter yg saya datangi hanya bilang asam lambung

  103. Ahmad zulfikri said

    Mas minta no hpnya dong klo nggk wa saya juga penderita gerd

  104. nie sonia said

    Bang,, saya sekitar seminggu kemarin tiba2 nafas sy berat,kpla kleyengan,trus jantung tiba2 berdebar kenceng banget dan hampir pingsan,, setelah itu sy lngsung ke dokter setelah beberapa jam di dokter melewati sekian rankaian pemeriksaan dan uji lab, hasil na nihil alias semuanya sehat,, tp yg saya rasakan belakangan ini adalah nafas berat dada sakit seperti tertindih dan juga rasanya panas di bagian tengah dada,, sy penasaran dan sreacing di googel dan sampailah pada gred ini,, semua klasifikasi nya cocok bgt dengan keadaan saya dri mulai gejala, dan penyebab nya juga saya sdar ada pd diri sya,, pertanyaan nya apa benar saya menderita gerd atw saya hanya meng’gerd’kan diri saya sja,, dan apa yg hrus sy lakukan,, info nya ya bang. Makasih..

  105. yopan said

    Assalamualaikum mas, saya mau nanya nih. Mas selama kena penyakit gerd sering ngalamin nyesek ga? Terutama nyesek dibagian dada kiri. Oh iya sering ngalamin sakit di tulang punggung belakang ga?

  106. aqil said

    aq kena gerd dari april hingga agustus..dn ini kambuh lg gan…rutin minum temulawak d rebus hasilnya enak..mungkin aq tidk dpt mngontrol mknan shingga kambuh lg..mas darwis rutin pngobtan apa ya..slain sari temulawak..?trs temulawak cara mmbuatnya bgmb.?

  107. hilma said

    Terima kasih atas informasi yang sudah dibagi, mudah2n jadi amal ibadah saudara..

  108. yanty said

    assalamualaikum, bang darwis..sy sdh cb therapy alami dari mas darwis..dan Alhamdulillah..sdh 3 hari ini merasakn normal..sblmx 2 minggu yg lalu sy tiba2 trbangun tgh malam dan merasakn spt ada angin dari lambung yg naik ke tenggorokan dan tb2 sy batuk tetapi batuk saya tdk bs sy keluarkan krn spt tersumbat, nnt stlh minum air putih hangat baru bisa kluar batukx..dan pagix nafas sy sesak dan dada sy terasa berat..lgs sy k dokter..berkali kali bolak balik dokter tp obatx cm mempan 2-3 jam..stlh itu sesak lagi..secara tiba2 dlm keparnoan sy, sy cb googling masalah gerd..dan org2 yg sm nasibx seperti sy dan Alhamdulillah lagi sy mnemukan blogx bang darwis..sungguh Allah Maha Baik..tks bang ilmux..wlpn sederhana tp brmanfaat..smg rekan2 yg senasib dgn sy bisa sgr sembuh..aamiin3x yra..

  109. Fendi said

    Assalamualaikum pak darwis.. aturan minum susu, temulawak, habatusauda gimana? susu kan membuat obat jadi netral? mohon bantuanannya

    wassalam.

  110. ifa arafah said

    Pak saya sakit seperti bapak ini bulan ke 2 saya sakit,sebelumnya saya didiagnosa rpl reflux,setelah ke dokter tht pilek sya hilang tpi knapa setiap hbis makan rasanya mulutku kering n gk ada ludah dan sesak nafas,,,,akhrnya denga n menduga2 sendiri penyakit saya sya pikir sya juga terkena gerd soalnya rpl refluxe merupakan komplikasi dr gerd,dan sya bersyukur sejak ngikutin saran pak darwis n meceraikan makan2 trsbut aq terbebas dr sesak nafas walaupun setiap hari hanya bisa makan bubur,apel, dan susu murni kaleng,sari temulawak,dan jinten hitam,dan sekarang sya sudah tidak mengkonsumsi omeprazol dan obat2 dr ke 3 rmh sakit yg sebelumnya membuat aq sedih,,,,pak darwis terimaksih,,,,semoga pak darwis selalu diberkah didalam hidupnya dan saya bisa sembuh seperti pak darwis,,,,,,aminn

  111. riri jelita said

    bener bgt tu,,tp sekarang sy masih trauma dgn penyakit ini,,kadang kadang masih timbul pusing tiba tiba,sy jd kefikian sy sakit parah,,,gmna y solusinya

  112. Hilma said

    Assalammualaikum. Terimakasih pa darwis. Saya sudah coba lepas dari obat kimia dan Alhamdullilah sekarang sudah semakin membaik..

  113. Angga said

    Boleh saya bertanya tanya bisa minta pin atau WA mas darwis

  114. Oktia_nika said

    Butuh berapa bulan sampe benar2 merasa free gan? Krn saya sudah 1 bulan menderita GERD tp msh ada beberapa keluhan, hilang timbul dan keluhannya silih berganti, beda beda.. mksh sebelumnya

  115. Permadi Prihambada said

    Saya ingin sekali sembuh total dr penyakit GERD ini, ciri-cirinya seperti yg telah disebutkan pd artikel diatas…
    Rasanya mulut selalu terasa asam dan berbau, dada seperti terasa terbakar, mual, dan sesak nafas…
    Sudah +/- 1bulan saya mengonsumsi obat semacam antasida(Mylanta)/mengobati tukak lambung, mengurangi kelebihan asam lambung, dan membiasakan makan teratur 3xsehari, konsumsi buah dan sayur, hindari stress, pikiran negatif, sering begadang
    Berpikiran optimis semoga penyakit ini diangkat secara total oleh Allah SWT…

  116. Dear Mas Darwis,
    Saya ingin sekali sembuh total dr penyakit GERD ini, ciri-cirinya seperti yg telah disebutkan pd artikel diatas…
    Rasanya mulut selalu terasa asam dan berbau, dada seperti terasa terbakar, mual, dan sesak nafas…
    Sudah +/- 1bulan saya mengonsumsi obat semacam antasida(Mylanta)/mengobati tukak lambung, mengurangi kelebihan asam lambung, dan membiasakan makan teratur 3xsehari, konsumsi buah dan sayur, hindari stress, pikiran negatif, sering begadang
    Berpikiran optimis semoga penyakit ini diangkat secara total oleh Allah SWT…

  117. eed said

    Makasih pengalamanya..

Leave a Reply

 
