Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Melaporkan Sampel Virus atau Malware ke McAfee

Posted by Darwis Suryantoro on July 21, 2014

Prosedur Mengirim Sampel Virus ke Vendor Antivirus McAfee

Tiga Cara Melaporkan Sampel Virus dan Malicious Software ke McAfee Labs

Kadangkala antivirus kita tidak mampu menyelesaikan permasalahan virus yang kita hadapi. Salah satu penyebabnya adalah, antivirus belum mampu mengenali jenis virus tersebut. Jika Anda bertanya, produk antivirus apa yang terbaik? Jawabannya adalah antivirus yang selalu mengupdate diri untuk mengatasi virus-virus terbaru yang ada di bumi ini.

Jika kebetulan kasusnya adalah antivirus tersebut belum mampu mengatasi virus atau malware tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah, melaporkan sampel atau contoh virus atau malware tersebut.

Pada pembahasan saat ini, saya akan menerangkan bagaimana cara kita melaporkan sampel virus kepada bagian laboratorium McAfee. Contoh ini dikhususkan bagi pengguna antivirus McAfee. Terdapat tiga metode yang bisa digunakan, yaitu:

  • McAfee ServicePortal/Platinum Portal
    Metode ini adalah metode yang paling dianjurkan bagi pelanggan platinum dan gold. McAfee akan merespon dan memproses hasil sampel dengan cepat. Instruksi dapat dilihat di sini.
  • GetSusp
    Gunakan utilitas ini untuk mengirimkan sampel kepada McAfee Lab. McAfee sebagai provider antivirus tersebut akan merekomendasikan agar Anda memakai tool ini sebagai alat pilihan pertama saat Anda menganalisis komputer tersangka. Detail langkahnya dapat dilihat di sini.
  • Email
    Cara ketiga adalah dengan mengirimkan sampel tersebut melalui email ke McAfee Labs dengan melampirkannya ke alamat virus_research@mcafee.com. Lakukan kompresi terhadap file yang akan disubmit tersebut, bisa dengan winzip, dan beri password “infected” (menggunakan huruf kecil semua).

Untuk memudahkan agar sampel diproses lebih cepat, tulis informasi berikut yang disertakan dalam pengiriman sampel di atas:

  • Daftar semua file yang dikirimkan dalam sample submission, termasuk keterangan singkat tentang kapan dan di mana virus atau malware tersebut ditemukan.
  • Tuliskan gejala apa yang menyebabkan Anda mencurigai bahwa sampel yang Anda kirimkan adalah virus atau malware.
  • Apakah ada produk sekuriti yang menemukan bahwa sampel tersebut adalah virus? Sebutkan vendornya, nama produk, nomor versi, dan nama virus yang ditemukan sebagai sampel.
  • Tuliskan informasi produk McAfee yang Anda gunakan (nama produk, mesin, dan versi .DAT).
  • Setiap detail sistem yang mungkin relevan untuk dilaporkan, seperti sistem operasi dan paket layanannya.

Lantas, hal-hal apa yang tidak dibolehkan saat mensubmit sampel virus tersebut? Anda tidak diijinkan untuk mengirimkan screenshot virus, log dari anti-virus atau HijackThis, atau mengirimkan file prefetch melalui ServicePortal atau Platinum Portal McAfee maupun email. Yang dikirimkan hanyalah file yang dicurigai sebagai malware atau virus.

sumber: mcafee.com

Demikian cara Melaporkan Sampel Virus atau Malware ke McAfee.

2 Responses to “Melaporkan Sampel Virus atau Malware ke McAfee”

  1. Hi, many thanks. This article is very useful for us.

  2. Thanks artikel bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: