Definisi dan Manfaat Organisasi

Memahami Definisi dan Berbagai Keunggulan Organisasi

Pengertian dan Manfaat Organisasi

Darwis Suyantoro (Surya Nusantara)

Keyword: organisasi, manajemen, manfaat organisasi

Mari kita berorganisasi. Semua perlu diorganisasikan. Bagaimana cara kita mengorganisasi? Nah, sebenarnya, apakah organisasi itu?

Banyak sekali perbincangan yang mengatasnamakan organisasi, namun beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui, oh ini loh organisasi. Hanya sekedar itukah? Baik, mari kita rangkum dalam tulisan berikut ini.

Definisi dan Manfaat Organisasi. Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan orang-orang yang sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada instansi sekolah, pemerintahan, kampus, bank. Semua dapat kita jumpai sehari-hari.

Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi, yaitu: tujuan, kumpulan orang, struktur, sistem dan prosedur.

Tujuan

Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup). Ketiganya harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi.

Kumpulan Orang

Jelas, tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.

Struktur

Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.

Sistem dan Prosedur

Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap eksistansi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik, budaya, juga alam sekitar. Jadi, kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan.

Beberapa manfaat organisasi yaitu:

1.Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan akan lebih efektif dengan adanya organisasi yang baik.

2.Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi Kepramukaan, akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan ksatria.

3.Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi.

4.Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Organisasi selalu berkembang seiring dengn munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan.

Artikel terkait:

Manajemen sebagai Proses Kegiatan

Definisi dan Pengertian Manajemen

Definisi dan Manfaat Organisasi

18 responses to “Definisi dan Manfaat Organisasi”

  1. […] 0004 – Definisi dan Manfaat Organisasi (2007-12-08) […]

  2. Lowongan Kerja di LCC-PTC

    Divisi Marketing
    Persyaratan :
    *Punya Pengalaman kerja sebagai sales minimal 2 tahun
    *Minimal D3
    *Punya Kendaraan

    Divisi Pendidikan
    Persyaratan :
    *Punya Pengalaman kerja sebagai Tentor Atau Dosen minimal 2 tahun
    *Minimal S1 Perguruan Tinggi Negri
    *Punya Kendaraan*

    Tentor / Dosen
    *Punya Pengalaman Mengajar Minimal 1 Tahun
    *Lulusan Perguruan Tinggi Negri / Semester Akhir
    *IPK Minimal 3.0

    Hub :
    Mall Pulogadung Trade Center
    Blok B31-32 Jakarta Timur
    Telp : (021)4683-4406
    http://www.lcc-ptc.com

  3. Definisi organisasi itu apa?

  4. Artikel ini sy copy untuk tugas pembuatan makalah pada PPs Universitas Satria Makassar, trims.

    1. Darwis Suryantoro Avatar
      Darwis Suryantoro

      Silakan Mas…

  5. Assalam…
    mksih informasinya..
    jgn lupa kunjungi jg
    http://willloveit.wordpress.com

  6. […] Memahami Definisi dan Manfaat Organisasi Posted in Manajemen Umum | Tags: manajemen sebagai proses aktivitas, manajemen sebagai proses kegiatan […]

  7. […] atau Definisi Manajemen Recent Comments Definisi dan Manfaat Organisasi « Darwis for Indonesia on Manajemen sebagai Proses KegiatanDefinisi dan Manfaat Organisasi « Darwis for […]

  8. […] Definisi dan Manfaat Organisasi. Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan orang-orang yang sengaja untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada instansi sekolah, pemerintahan, kampus, bank. Semua dapat kita jumpai sehari-hari. […]

  9. […] Definisi dan Manfaat Organisasi […]

  10. İstanbul Firma…

    […]Definisi dan Manfaat Organisasi « Darwis for Indonesia[…]…

  11. terima kasih infonya, sangat bermanfaat.

  12. rimadhina noviana mega Avatar
    rimadhina noviana mega

    terima kasih,jd pr sdh terjawab

  13. Artikelnya aku copy ya, untuk materi uts nih.. makasih

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.