Langkah Menyalin Database Lotus Notes
Prosedur Backup Database pada Aplikasi Email Lotus Notes
Membackup adalah kegiatan memindahkan atau menyalin kumpulan data maupun informasi yang tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer/ laptop. Biasanya, dilakukan dari satu perangkat ke perangkat lain (dari harddisk laptop ke flash drive, eksternal harddisk, maupun ke CD).
Membackup file email Lotus Notes berarti menyalin keseluruhan isi file email yang sedang aktif pada aplikasi Lotus Notes ke media penyimpanan lain, seperti yang tersebut di atas.
Backup berfungsi untuk menjaga pengguna dari kehilangan maupun kerusakan data yang dapat disebabkan oleh kesalahan pengguna sendiri seperti tidak sengaja menghapus, atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena virus, file yang rusak, perangkat komputer yang bermasalah, dan bencana, baik dari sisi klien maupun dari sisi server. Dengan demikian, jika kondisi-kondisi tersebut terjadi, data atau file cadangan tersebut bisa digunakan kembali.
Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan backup database email Lotus Notes 8.5.3:
Pastikan aplikasi Lotus Notes telah berjalan dan buka inbox Anda, Dari menu File, pilih sub menu Application, kemudian klik New Copy.
Klik ikon folder yang berada di bagian File Name, tentukan letak file email tersebut. Pada contoh ini, file backup disimpan di D:\Backup Email. Beri nama file backup dan tuliskan ekstensi file .nsf. Lalu klik OK.
Proses backup kemudian akan berjalan dan ditunjukkan dengan jendela progress. Lama proses backup tergantung dari besar database email yang digunakan saat ini, juga bergantung pada tujuan media penyimpanan yang digunakan untuk membackup email tersebut.
PERHATIAN! Jika tidak ditentukan letak direktori file yang akan dibackup, tombol OK akan secara otomatis tidak aktif.
Jika proses telah selesai, cek hasil backup di dalam folder yang sudah ditentukan.
Leave a comment