Darwis untuk Indonesia

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Ummar bin Khattab, R.A)

Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 2

Posted by Darwis Suryantoro on December 31, 2013

Mas Bro dan Mbak Sist, Para Agan dan Aganwati,

Alhamdulillah, ketika menulis blog ini saya dalam keadaan sehat wal’afiat. Jika Agan dan Aganwati baru menemui tulisan ini, sebaiknya Agan dan Aganwati membaca runtutan cerita sebelumnya supaya tidak salah paham, bisa dicek di MARI.

Agan, ketika ane kembali dari Makassar karena berobat, ane masih dalam keadaan suka lemas dan berkeringat, mudah sekali capek. Ane masih belum menyimpulkan apakah ini adalah efek dari penyakit GERD. Bahkan mengangkat barang ringan saja sudah ngos-ngosan. Ini Gan yang ane rasakan ketika mengalami penyakit ini (ini tidak terjadi sepanjang waktu Gan, tapi di waktu-waktu tertentu):

  1. Denyut di dada ane kadang berhenti sejenak Gan, setelah itu kembali sesuai ritmenya, beberapa kali terserang heart burn, seperti terbakar pada dada hingga menusuk ke belakang (punggung).
  2. Di awal kejadian, suara parau, nafas berbunyi, tenggorokan berat dan serak, kerongkongan iritasi.
  3. Setelah beberapa kali minum obat kimia, bagian tengah pinggang terasa sakit, sampai-sampai kesakitan ketika proses gerak dari duduk ke berdiri dan dari tidur ke duduk maupun berdiri.
  4. Betis bagian bawah terasa nyeri.
  5. Kaki dan tangan kram.
  6. Rasa ingin mengeluarkan lendir atau dahak, ketika lendir sudah keluar, nafas terasa lega.
  7. Kalau kumat, kepala juga bereaksi, terasa keliyengan, berat, dan menimbulkan efek panik.
  8. Ingin muntah tetapi tidak muntah.
  9. Tidak bisa mengangkat beban terlalu berat, mudah capek dan berkeringat, bahkan ketika makan pun berkeringat, khususnya bagiankepala dan tangan.
  10. Tidak bisa makan terlalu banyak, hanya 2 sendok saja sudah terasa penuh di perut. Ketika makan melebihi porsi itu, nafas terasa sesak. Efek ini Gan yang bikin berat badan ane menurun drastis. Kurang dari 3 minggu, berat badan ane turun 6 kg.
  11. Bentuk feses tidak normal, kadang-kadang cair (a.k.a mencret), bahkan pernah muncul seperti gumpalan berwarna mirip darah dalam feses.
  12. Gairah seks menurun.

Oke Gan, itu 12 poin penampakan tanda-tanda ane ketika mengalami penyakit itu. Lanjut mau baca Gan? Ane benar-benar ingin berbagi dengan para Agan dan Aganwati bagaimana kita survive dan kemudian sembuh dari penyakit ini. Insya Alloh bisa sembuh Gan. Alloh menganugerahkan penyakit pasti ada obatnya. Tapi dalam cerita ane ini, solusi obat tidak hanya secara fisik, tapi obat psikologis, yang tidak nampak secara kasat mata.

KEBIASAAN BURUK
Gan, kali ini Agan sama ane harus menyadari ini. Mungkin kita pernah mengalami hal yang sama terkait kebiasaan buruk ini. Ane akan jabarkan kebiasaan buruk fisik dan psikis yang mulai saat ini, mari kita hindari, atau paling tidak perlu kita kurangi intensitasnya.

Kebiasaan buruk berbentuk fisik:

  1. Sehabis makan langsung tidur. Ahaha, ane benar-benar nyadar Gan. Dulu, ane punya kebiasaan setelah makan langsung tiduran, terutama setelah makan malam. Dan celakanya, ane baru nyadar setelah baca-baca referensi dampak tidur setelah makan. Dalam posisi tidur, akan sangat memungkinkan makanan yang telah diproses di lambung bersama asam, akan membuka katup antara saluran kerongkongan dan lambung. Ketika katup terbuka, asam bisa naik hingga ke kerongkongan. Jika sudah keseringan asam naik ke kerongkongan, ini akan membuat kerongkongan menjadi teriritasi dan menyebabkan radang, dan ini menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya GERD. Ane pernah baca Gan, sifat asam di dalam lambung itu ngeri, bahkan sifat kimiawinya bisa melunakkan pecahan kaca atau silet sekalipun. Makanya, pertunjukan-pertunjukan orang yang makan kaca atau silet ini ndak mati karena keajaiban fungsi asam lambung (tapi jangan dipraktekin di rumah ya, Gan ;p). Subhanalloh.
  2. Makan terlalu banyak. Ane sebelumnya emang doyan makan Gan. Porsi makan ane jadi berubah ketika pindah ke Papua. Di Jayapura sendiri, kebanyakan warung akan menyediakan porsi nasi segaban Gan, porsinya tukang. Jadi kalau biasanya ane makan di Jawa cuman sepiring sekali makan, di Jayapura bisa setara 2 piring Gan sekali makan. Dari kondisi yang biasa menjadi tidak biasa, tentunya tubuh butuh penyesuaian. Kerja lambung semakin berat dan semakin banyak memproduksi asam untuk memproses makanan tersebut.
  3. Minum air es atau minuman dingin lainnya setelah makan berat. Gan, sebaiknya benar-benar hindari nih kebiasaan. Dulu ane sering banget pas makan di warung, minumnya harus es. Ternyata Gan, minuman dingin akan menurunkan suhu lambung. Ketika lambung suhunya di bawah normal, ia tidak akan bisa bekerja normal lagi, bahkan bisa berhenti bekerja untuk beberapa waktu hingga suhu lambung normal kembali.
  4. Makan makanan yang terlalu pedas. Ketika lambung sudah memproduksi asam dalam proses pencernaan, namun ditambah dengan makanan yang terlalu pedas, maka akan terjadi double produksi asam di dalam lambung, mengingat makanan pedas akan menghasilkan asam. Lagi-lagi ini menjadi efek domino. Dulu ane suka request sendiri Gan jumlah cabe untuk sambal. Pernah ane pesen sambal dengan 30 cabe. Makanan pedas berlevel pun pernah ane sikat Gan, macam keripik level yang pernah marak di Indonesia, juga mie atau nasi goreng level.
  5. Tidak pernah olahraga. Ehehe, ini Gan. Olahraga itu untuk melancarkan peredaran darah. Ketika darah lancar, organ-organ tubuh akan tersuplai darah segar dengan baik, dan tentunya akan menyegarkan kinerja organ-organ tersebut.

Ok Gan, tambahkan di komentar jika Agan dan Aganwati ingin berbagi apa saja faktor fisik yang menyebabkan penyakit ini.

Oke, sekarang, bagaimana dengan faktor non fisik?

Kebiasaan Buruk Berbentuk Non Fisik

Ane cuman kasih 1 poin Gan, adalah STRESS PIKIRAN DAN HATI penyebabnya. Ane orangnya suka memikirkan keadaan orang lain, apalagi ketika ane mengucapkan kata-kata yang membuat sakit hati orang lain. Walapupun sudah minta maaf, kadang ane masih sering kepikiran. Bahkan ane juga suka mikirin keadaan negara😦, aduh, negara saja ogah mikirin ane jadi ngapain ane mikirin negara??? Ane juga zero tolerance Gan terhadap kesalahan. Efek berlebihan dalam perfeksionisme ini yang membuat ane tidak bisa tidur karena lagi-lagi kepikiran dan kepikiran. Sejauh ini sih masih di level stress pikiran Gan, kalau hati Insya Alloh ane masih bisa kontrol, soalnya ane gak suka dengki sama orang, ane gak suka bikin masalah sama orang. Kecuali marah Gan. Jujur ane tidak suka marah-marah Gan, tapi kalau marah, ane suka pendam dalam hati, tidak diluapkan dalam bentuk kata-kata kotor atau luapan nada tinggi dalam berbicara. Ini kali ya yang bikin stress ;p.

Jadi Gan, ini kesimpulannya untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, sekaligus untuk mengurangi dampak penyakit ini:

  • Bikin rileks Gan pikiran dan hatinya. Jangan suka emosi, jangan pula memendam emosi. Cara terbaik mengontrol emosi adalah dengan mengalihkan ke kegiatan atau aktivitas lain yang menenangkan. Ingatlah dalam situasi apa ente bisa tenang, Gan. Kalau ane dalam keadaan emosi sangat puncak arah jam 12, biasanya ane akan berwudlu, istighfar, sholat, dan baca Al Qur’an. Kadar emosi bisa larut Gan, asal Agan benar-benar ikhlas dan berserah diri kepada-Nya. Ketika ane panik karena kambuh sesak dan parnonya, ane biasanya langsung putus kontak sama kegiatan dunia Gan. Ane langsung mengontak Alloh, ngadu Gan, mohon petunjuk dan banyak-banyak istighfar, sampein Gan kalau kita ini ndak ada apa-apanya di hadapan-Nya. Kita manusia yang lemah, hanya Dia yang mampu menyembuhkan penyakit kita. Sampaikan dengan jujur Gan, dengan ikhlas.
  • Olahraga Gan, tidak perlu olahraga berat. Ane biasanya kegel, gerakan warming up, dan push up ringan.
  • Jangan makan makanan yang terlalu pedas, apalagi dalam masa penyembuhan, sebaiknya hindari atau putus hubungan sementara dengan makanan pedas. Ane butuh sekitar 2,5 bulan Gan untuk mengontrol makanan-makanan pedas ini. Saat ini ane sudah pada level coba-coba sambel Gan, dan alhamdulillah sudah tidak sesak nafas lagi. Nanti Insya Alloh ane kasih tahu bagaimana proses ane menghadapi ini.
  • Hindari (kalau ane lebih suka pake kata STOP) makan makanan berpengawet. Ane benar-benar puasa mie instan Gan selama proses penyembuhan. Padahal dulunya, hampir tiap sarapan nih Gan, ane pake menu wajib mie instan. Kalau bukan mie instan bukan ane banget. Lagi-lagi ini efek domino. Pas istri udah serumah bareng ane, ane benar-benar dikontrol dan disupervisi Gan. Dia mengancam akan menyunat ane kalau ane makan mie dalam masa penyembuhan. Oh, sadis…😦, tapi ane sangat sayang sama dia. Oh, lebay… ^_^. Sudah tahu kan Gan bagaimana lambung memproses mie instan? Kalau belum tahu, tanya Gan ke Mbah Bro Google.
  • Jangan minum air yang terlalu dingin setelah makan berat. Jika dalam masa penyembuhan, ente perlu ceraikan dulu Gan sama minum-minuman dingin. Nanti kalau sudah sembuh, boleh lah rujuk lagi, tapi jangan terlalu sering, dan jangan minum ketika perut sedang atau baru diisi. Beri jeda 2 atau 3 jam. Saat ini, ane sudah bisa minum es, tapi tidak sering. Ane saat ini dah bisa menikmati es kacang hijau beras merah sama es pisang ijo, dan alhamdulillah ndak pake sesak nafas lagi.
  • Jangan makan terlalu banyak. Ini yang ane lakukan ketika berjibaku menghadapi penyakit ini. Ane pernah tidak bisa makan lebih dari 2 sendok makan. Dalam proses mengunyah pun terasa sesak dan nafas berat, sesekali harus mengambil nafas panjang. Ini Gan yang membuat berat badan ane turun drastis. Tapi alhamdulillaah, sekarang sudah bisa makan normal, tapi tetap menjaga agar tidak berlebihan.
  • Jangan tidur sehabis makan. Janji ya Gan, kalau Agan dan Aganwati ingin sembuh, jangan langsung tiduran sehabis makan. Alasannya sudah ane jabarkan di atas. Ane sekarang merubah kebiasaan untuk tidak tidur sehabis makan, jeda yang biasa ane pakai adalah 1 atau 2 jam setelah makan baru bisa rebahan. 2 jam lah bagi Agan dan Aganwati yang masih dalam penyembuhan. Dan jika tidur, usahakan posisi kepala dan leher lebih tinggi daripada perut.

Oke Gan, sementara ini dulu ya bagian 2 postingan ini. Ane masih ada kerjaan. Insya Alloh lanjut ke Bagian 3 yang membahas tentang pengobatan dan pola makan.

Bersambung…..

45 Responses to “Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 2”

  1. […] Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 2 […]

  2. akbar07 said

    Bikin rileks Gan pikiran dan hatinya. klo sedang emosi biasanya aku pendam cuma cara pengalihan itu yang susah.. cara jitunya gmana ya..??

    • Darwis Suryantoro said

      Pengalihan bisa dengan mengerjakan aktivitas hobi, Gan. Tapi menurut gue yang paling bisa nenangin itu ketika kita dekat dengan Tuhan kita, bisa lewat sholat dan mengaji, atau dengerin murottal.

  3. […] Putus Hubungan dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) – Bagian 2 […]

  4. ardianzah said

    Bro…..
    1.Masa penyembuhan pola makanmu gimana bro ( sehari brp kali makan dan menunya apa )?

    2.Ngobatinya pake apa?

    3.Mang susu bear brand gak bikin aslam naik?

    4.Nomer hp mu brp bro? Atau ada PIN BB mu?

    Trims

  5. Zay said

    Trims atas share nya kebetulan gue sakit gerd jg tu gan ,,,udah 6 bulan sekarang lum sembuh 2 juga ,,,
    Gajala yang masih saya rasakan sekarang yaitu
    Hidung tersumbat kayak sinusitis
    Tenggorokan engak enak banget
    sering buang angin
    Perut sering bunyi

    Trus ,,yang saya paling binggung tuh napas gue sekarang gak plong kayak waktu gue lum kena gerd dulu ,,,apakah ini just perasaan saja ato gimana gitu ……pokoke kayak gitu deh ..

  6. jay said

    ada temen gue bilang katanya yang sakit gerd itu pasti kena asma …..pa bener gitu yaaa,,,,,
    abis klo lg kambuh dada kayak berat gitu…….
    mhn share or saran ye gan

    • Darwis Suryantoro said

      Beda Mas Jay, GERD dengan asma beda. Namun, gejala Gerd mirip dengan Asma. Tapi ini tidak akan selalu muncul, apalagi kalau sudah sembuh, tidak akan muncul gejala yang mirip asma tersebut.

      Penderita GERD adakalanya menjadi sesak akibat reflux asam yang sampai naik ke saluran pencernaan atas, hingga menekan saluran pernapasan. Ini bisa diatasi segera dengan minum air hangat dan menghindari posisi tidur/berbaring, alias berdirilah.

      • Zai Nuri said

        Gan ane yang paling gak kuat ama cemasnya ,,,,,tiap kali denger ato lihat orang meninggal ato korban kecelakaan ane kayak stress gitu,,,debar2 ,,trus kayak sesak gitu….tangan dingin,,,dan sebagai nya……n rasanya gerd ane kambuh… Napa ya…..???? Mhn solusinya gan??

        Pada tanggal 19/03/14, Darwis untuk Indonesia

      • Darwis Suryantoro said

        Berarti lebih ke masalah psikis Mas. Jadi dimulai dari terapi psikologi saja. Saran saya, hindari obat-obatan kimia yah Mas!

  7. indra said

    2 tahun aq berurusan dgn asam lambung ini.syarat pingin sembuh harus bersabar bro! krn asam lambung urusanya kompleks bnget mulai paranoid sampe sesak nafas.sampe2 kecemasan luar biasa! 2 thn juga aq gak nglakukan aktifitas apa2,pdhl dulu aq orng yang sangat aktif. indra 081336488214.

  8. sutomo suradi said

    Ass,knapa yg anda rasakan 99%sm dngn yg sy rasakan..sesek nafas,mual,pusing,sakit bagian dada dan apa solusi dan obat untuk menyembuhkanx,termsuk penyakit apa yg saya derita ini terima kasih…..

    • Darwis Suryantoro said

      Wa’alaikumussalaam warahmatulloh wabarokatuh. Mas Sutomo, pastikan dulu diperiksakan melalui laboratorium medis hingga bisa disimpulkan apa penyakitnya. Jika sama dengan artikel yang saya tulis, Mas bisa memilih metode penyembuhan cara tersebut.

  9. afghan said

    Semoga bisa membantu….Coba belajar ilmu Spiritual, mengolah ilmu kebatinan dan fikiran agar bisa menyatu dan utuh dan gak goyah…dengan cara perbanyak mengaji, dzikir, istighfar, salawat, tauhid dan kerjakan shalat jama’ah, terutama shalat malam..semua dikerjakan krn allah ta’ala….

    1.Mungkin saja batin anda lagi rapuh atau fikiran anda penuh dengan beban hidup rumah tangga, pekerjaaan atau keluarga yang penuh dengan masalah, ..sehingga lupa silahturami sesama keluarga atau ada bapak ibu saudara anak yg sudah meninggal jarang diziarahi atau gk pernah diziarahi …

    2. Punya segalanya tp kurang bersedekah kpd.org kurang mampu,. fakir miskin, panti asuhan, mesjid..krn sebagai umat muslim sudah seharusnya kita membantu kepada orang yg lemah yang lagi membutuhkan ulur tangan anda ..krn dijalan allah…

    3. Kita sudah melakukan perbuatan buruk yg gak disadari yg bisa saja merugikan org lain atau menzholimi orang..

    4. Dan yang terakhir adalah penyakit kejahatan.yang kental di negeri ini..gk pandang bulu, baik teman kerja, kerabat, tetangga serta .sanak keluarga…ada orang yang mempunyai niat buruk terhadap anda…dengan cara mengirimkan ilmu jahat dirumah atau diri anda.. yg sangat halus, gk kasat mata..yg tidak bs dilihat oleh mata anda bahkan dokter sekalipun…dunia medis gk bisa berbuat banyak membantu kalau ilmu jahat ini ngk di sembuhkan kalau bukan obatnya..kalau ada orang check up di dokter terus dokternya bilang tidak ada masalah dengan di diri anda Tp anda merasa gejala lain dari biasanya atau gk wajar. di coba rugyah untuk jaga jaga…semoga bermanfaat

  10. Setiap orang akan memiliki masa atau waktu yang berbeda dalam proses terapi penyembuhan penyakit GERD ini. Pahami penyakit ini dengan baik.

  11. yudi said

    Malem mas darwis
    Artikel yg sangat bagus dan mirip seperti yg saya alami. Sampai skrg saya masih penasaran dng sesak nafas yg saya alami. Kadang klo bicara lambung, dokter selalu menganggap remeh. Test jantung, darah, thorax, ecg dan echo (scan jantung). Tapi sampai skrg sesak masih mendera dan tentunya perasaan lemas. Tahun 2006 dulu memang saya didiagnosis lambung. Satu bulan lalu saya diet ketat hanya makan oats. Tiba tiba jantung berdebar dan sesak nafas. Berlanjut rasa terbakar di tenggorokan dan sesak mengganjal. Sampai sekarang sering bernafas tidak lega, badan lemes dan nyeri di dada. Apalagi habis makan, perut terasa penuh dan agak sesak. Apakah gejala ini mirip gerd ya?

  12. Mufti said

    Telat makan pun menimbulkan kembali penyakit ini?

  13. sri wahyuni said

    Saya sempet ngerasa aneh awaL januari mas,,rasa sesak smpe rasa2 kyak mau dipanggiL ALLah ditambah rasa dingin.. Tp saya bawak tidur dan enakan kebesokanNy.. Nahh prnah rasa2 akhir januari srg ngerasa muaL pengen muntah tp ga muntah disertai perih diperut,,uLu ati dan perut dibagian kiri.. Sm aada batuk piLek jg.. Saya ga brani mnum obt tkut kLo itu gejala hamil krn saya br menikah.. Nahh senjak pertengahan februari smp skr rasa skit ituu hmpir stiap hr.. Prnah suatu mLm saya ga bs tidur,,rasa sesak kesulitan nafas.. AkhirNy saya smpai diopname dan ngeLakuin endoscopy dan hasilnya Lambung saya ada erusif,,ada Lecet.. Skr wLopun saya sdh kLuar dr rmh skit tp rasa sesakNy masih ada… SedihNya setiap sesak itu dtg,,saya jd parno kLo akan dipanggiL aLLah dan panik muLai mnyerang.. Sehingga merasa dada saya semakin sesak.. Kt dokter saya terkena gerd.. Pnyembuhan gerd butuh wktu brp Lm…??

    • Darwis Suryantoro said

      Saya sendiri paling tidak 3 bulan Mbak.

      • mudi rahayu said

        Selamat malam Mas darwis saya mau tanya, saya kan maag ya dan pernah coba beli sari temulawak yg herbadrink ya, tp pas sy seduh kok asem rasanya, sy jd takut minumnya, akhirnya ngga jd sy minum, kan kalau maag katanya ngga boleh minum asem, maksh

      • Darwis Suryantoro said

        Halo,

        Saya ndak masalah Mbak. Makanan asem belum tentu asem juga di lambung. Apel contohnya.

  14. yulie zurianti said

    Ass.wbr..
    penyakitnya sama smua gejala yg dirasakan sama aktifitas burik yg biasa dijalani sama. Saya kurang lebib 10thun merasakan Gerd. Sampai thun 2007 setelah melahirkan anak pertama kambuh parah sampai sesak nafasnya gak bsa disembuhkan akhornya parno bget dan kena depresi atw somatisasi dan saya berobat udh kemana2 dei dokter sampai profesor dari psikolog smp psikiater. setelah beray saya lalui alhamudillah saya bisa survive dan mensukuri nikmat penyakit ini. Dan saya mulai sibuk kembali kerja. Tpi tetap aja sampai sekarang kalau lagi kambuh sesak nafasnya kadang suka panik. bingung sakit apa. Smua organ tubuh udh di periksain tes darah udh sering bget. Sebenernya tahuna lalu gak sengaja baca majalah ada tulisan mengenai GERD dan stelah sya baca ini smua sama gejalanya yg saya rasakan tpi sy sampai kemarin masih bekum periksakan ke spesialis penyakit dalam krna udh lelah. Dan minggu2 ini saya kambuh lagi sesak bgt. Makan juga tambah sesak badan saya gaka bisa gemuk. Akhirnya saya tanya ke mba google cari dokter spesialis penyakit dlam. Dan periksalah ke doktet tsbt. Stelah sya ceritakan dokter tsbt bicara kemungkinan GERD dlam hati tepat dan baru x ini ada dokyer yg menganalisa bener. Senin mggu depan tgl 23 maret 2015 saya akan di endoskopi utk mengetahui apakah benar GERD. stelah saya browsing GERD itu bisa menyebablan kanker saya tambah takut tpi saya berusaha tenang. Apakah GERD itu bisa benar2 sembuh total?karena sya merasakan sudah 10tahunan lebih dan pernah mengalami depresi. Alhamdulillah jga kpda Allah SWT dgn cobaan ini saya menjadi lebih bisa nelajar sabar ikhlas dan kuat.. mudah2an saya bisa menyembuhkannya dgn bantuan doktet dan yg terpenting mendekatkan diri kpd yg diatas. Mas skali lagi saya mau tanya apakah bisa sembuh total untuk GERD ini walau susah 10 thun? Tetima kasih sebelumnya atas jawabannya.

  15. eko zaenudin said

    Mas sm persis dgn yg sy alami cm yg beda sy merasa ngambang seperti terasa kena gempa,dokter jg memvonis Gerd…apkh ngambakng jg efek sakit Gerd

  16. irvan said

    saya udh 3 bulan megidap gerd lom sembuh2 kadang suka kumat

  17. indah said

    Ass mas.. bisa minta fb atau kontaknya gak ya? Kalo bisa kirim lewat email ya mas saya mau tanya tentang pola makan gerd dan bagaimana urutan minum susu bear brand sampai habbatusauda🙂 syukron

  18. uchu said

    Assalamualaikum wr wb
    Thnks atas infonya, persis dengn penykit yang sy derita, smpai2 sy harus resign dr pekerjaan sy.

  19. fariz said

    assalamualakum…klo boleh tau mas darwis sudah sembuh atau blum…jantung saya juga skip skipan sama seperti mas darwis…saya sudah cek ekg masih batas normal…

  20. Wempy said

    Bro, sy sudah membaca artikel tentang gerd, kebetulan saya juga menderita penyakit yang sama, sy mau nanya bagaimana kamu melewati / menghadapi penyakit tersebut? dokter siapa? (kebetulan saya dimisili di Makassar). Minta tolong info nya, Thanks.
    Wempy
    Makassar

  21. meyon said

    ijin share ya gan🙂

  22. rhesa purnama putra said

    kasusnya sama mas kayak ane
    dari dokter umum rujuk ke internis dan rujukan berakhir di spesiais THT setelah melewati laringoskopi
    hahaha
    ini baru pengobatan 3 hari oleh dokter THT dh enakan leher. syukur alhamdulillah.
    sembuh totalnya GERD ini gmn ya mas?
    biar tau kapan saya harus stop konsumsi obat

  23. diazkrisna said

    minta pin bbm nya mas.mohon informasinya

  24. joeans said

    Gimana caranya mengamalkan cuka epal apple cider vinegar ????

  25. geovani said

    Assalammualaikum wr.wb
    Hallo mas darwin, saya mau nanya nih, pola makannya gmana yaa? Misalkan pagi sarapannya apa? Nanti makan siangnya apa?

  26. giovani said

    Assalamualaikum mas darwis, mau nanya nih.
    Kan mas darwis konsumsi habbatussauda.
    – Apakah habbatussauda ada efek sampingnya?
    -Ohh iya, apakah habbatussauda boleh berhenti konsumsi kalau sudah sembuh?, mohon pencerahannya mas, makasih. Soalnya saya juga ngerasain hal yg sama kaya cerita mas darwis.

  27. yopan said

    Assalamualikum mas darwis, saya mau nanya nih.
    Mas semenjak penyakit gerd sering nyesek ga? Soalnya saya nyesek dibagian dada kiri mas.
    Ohh iya mas dalam tahap penyembuhannya kira” berapa lama mas?

  28. yopan said

    assalamualaikum mas darwis, cara ngehilangin streesnya gmna yaa

  29. Fendi said

    Assalamualaikum pak darwis mohon kontaknya pak.. terima kasih

  30. Nissa said

    Hallo gan, ane udh hampir 1 bln nii kena asam lambung ane pertama ke dok umum trs dikasih obat dlm 1 minggu kambuh lg akhrnya ane ke RS yg sama eh dlm 1 minggu kambuh lg trs ane putuskan ke dok spesialis penyakit dlm Alhamdulillah mendingan gan tp aneh bingung udh mau hampir 1 minggu kambuh lg gan, pdhl ane bnr” terapin pola makan sehat malah bubur mll setiap hari n klo laper mendadak ane langsung makan biskuit smp hr ini ane msh konsumsi obat dr dokter abis bingung harus minum obat apa byk bgt yg nyaranin ane soalnya, oh yaa pas ke dok spesialis ane disuruh endoskopi tp ane gamau mahall bgt gan hahaha trs menurut agan ane harus terapin pola makan n minum obat seperti apa ya gann .. oh ya boleh ane mnt no hp agan buat konsul aja ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: